Kala Kota Bandung Masih Berupa Danau

Kala Kota Bandung Masih Berupa Danau

Siapa yang tidak pernah mengunjungi kota Bandung ? Kota yang cantik dan kaya akan kuliner dan fashion ini ternyata dulunya adalah sebuah danau.

Ya, inilah fakta sesungguhnya. Selain dikelilingi oleh gunung berapi, ternyata Bandung purba adalah sebuah cekungan danau. Danau Bandung Purba yang terbentuk setelah terjadinya letusan dahsyat Gunung Sunda. Saat itu material letusannya menutupi aliran Sungai Citarum Purba di cekungan Bandung sehingga membentuk danau yang sangat luas.

Sisa Danau Purba Adalah Nama-Nama Tempat di Sekitaran Bandung.

Kurang lebih 16.000 tahun yang lalu, air danau ini menyurut meninggalkan genangan-genangan air yang luas yang disebut ranca. Karena itulah di Bandung dikenal beberapa tempat dengan sebutan awal ranca, seperti Rancaekek, Rancabadak, Rancabolang, dan sebagainya.

Terbentuk pula beberapa lubuk yang agak dalam yang disebut leuwi. Sehingga beberapa daerah bekasnya masih disebut dengan awalan leuwi, seperti Leuwigajah, Leuwipanjang. Leuwianyar.

Selain itu ada pula genangan-genangan air berupa kolam yang disebut situ. Sehingga, banyak daerah di sekitar Bandung yang berawalan dengan kata ini, seperti Situsaeur, Situaksan, dan sebagainya. Sejarah yang menarik, kan? Sayang, semua itu kini tinggal menjadi nama yang hampir tidak menyisakan bekas.

Bandung kota dan sekitarnya, pada masa lampau merupakan danau yang dikenal dengan Danau Bandung. Keadaan yang sekarang terlihat merupakan pedataran yang biasa disebut dengan istilah “Cekungan Bandung” (Bandung Basin). Daerah sekitar cekungan tersebut, diperkirakan dahulu merupakan tepian danau sehingga banyak diperoleh sisa-sisa aktivitas manusia masa lampau (Koesoemadinata, 2001).

Van Bemmelen, 1935, meneliti sejarah geologi Bandung. Pengamatan dilakukan terhadap singkapan batuan dan bentuk morfologi dari gunung api-gunung api di sekitar Bandung. Penelitian yang dilakukan berhasil mengetahui bahwa danau Bandung terbentuk karena pembendungan Sungai Citarum purba. Pembendungan ini disebabkan oleh pengaliran debu gunung api masal dari letusan dasyat Gunung Tangkuban Parahu yang didahului oleh runtuhnya Gunung Sunda Purba di sebelah baratlaut Bandung dan pembentukan kaldera di mana di dalamnya Gunung Tangkuban Parahu tumbuh.

Van Bemmelen secara rinci menjelaskan, sejarah geologi Bandung dimulai pada zaman Miosen (sekitar 20 juta tahun yang lalu). Saat itu daerah Bandung utara merupakan laut, terbukti dengan banyaknya fosil koral yang membentuk terumbu karang sepanjang punggungan bukit Rajamandala. Kondisi sekarang, terumbu tersebut menjadi batukapur dan ditambang sebagai marmer yang berpolakan fauna purba.

Menarik bukan sejarah kota Bandung ? Jadi, jangan hanya sekadar tahu Bandung sebagai kota kuliner dan fashion, perdalam juga pengetahuan Anda mengenai sejarah kota Bandung yang kita cintai ini.

disarik dari beragam sumber.

About author

You might also like

Budaya

Ketika Marinir AS Ikut Lomba Panjat Pinang

Setiap 17 Agustus masyarakat mengadakan perlombaan unik, salah satunya lomba panjat pinang, bagaimana jika Marinir AS ikut serta ?

Napak Tilas

Kiprah Awak U-Boat Nazi Jerman Bantu Pejuang RI

Mumpung, Peringatan berakhirnya Perang Dunia 2 masih hangat di bulan Mei ini. Tak salah kiranya membahas sejarah yang terlupakan tentangnya. Kita mungkin tidak pernah membayangkan, tentara Nazi Jerman pernah terlibat

Napak Tilas 0 Comments

Gunung Padang: Sebuah Mahakarya

Karya Siapa Publik digemparkan dengan penemuan situs Gunung Padang. Mulai dari mantan Presiden RI, para pemangku jabatan politik/pemerintahan hingga musisi/seniman sekaliber Iwan Fals pun angkat bicara. Situs Gunung Padang hingga