Kala Kota Bandung Masih Berupa Danau

Kala Kota Bandung Masih Berupa Danau

Siapa yang tidak pernah mengunjungi kota Bandung ? Kota yang cantik dan kaya akan kuliner dan fashion ini ternyata dulunya adalah sebuah danau.

Ya, inilah fakta sesungguhnya. Selain dikelilingi oleh gunung berapi, ternyata Bandung purba adalah sebuah cekungan danau. Danau Bandung Purba yang terbentuk setelah terjadinya letusan dahsyat Gunung Sunda. Saat itu material letusannya menutupi aliran Sungai Citarum Purba di cekungan Bandung sehingga membentuk danau yang sangat luas.

Sisa Danau Purba Adalah Nama-Nama Tempat di Sekitaran Bandung.

Kurang lebih 16.000 tahun yang lalu, air danau ini menyurut meninggalkan genangan-genangan air yang luas yang disebut ranca. Karena itulah di Bandung dikenal beberapa tempat dengan sebutan awal ranca, seperti Rancaekek, Rancabadak, Rancabolang, dan sebagainya.

Terbentuk pula beberapa lubuk yang agak dalam yang disebut leuwi. Sehingga beberapa daerah bekasnya masih disebut dengan awalan leuwi, seperti Leuwigajah, Leuwipanjang. Leuwianyar.

Selain itu ada pula genangan-genangan air berupa kolam yang disebut situ. Sehingga, banyak daerah di sekitar Bandung yang berawalan dengan kata ini, seperti Situsaeur, Situaksan, dan sebagainya. Sejarah yang menarik, kan? Sayang, semua itu kini tinggal menjadi nama yang hampir tidak menyisakan bekas.

Bandung kota dan sekitarnya, pada masa lampau merupakan danau yang dikenal dengan Danau Bandung. Keadaan yang sekarang terlihat merupakan pedataran yang biasa disebut dengan istilah “Cekungan Bandung” (Bandung Basin). Daerah sekitar cekungan tersebut, diperkirakan dahulu merupakan tepian danau sehingga banyak diperoleh sisa-sisa aktivitas manusia masa lampau (Koesoemadinata, 2001).

Van Bemmelen, 1935, meneliti sejarah geologi Bandung. Pengamatan dilakukan terhadap singkapan batuan dan bentuk morfologi dari gunung api-gunung api di sekitar Bandung. Penelitian yang dilakukan berhasil mengetahui bahwa danau Bandung terbentuk karena pembendungan Sungai Citarum purba. Pembendungan ini disebabkan oleh pengaliran debu gunung api masal dari letusan dasyat Gunung Tangkuban Parahu yang didahului oleh runtuhnya Gunung Sunda Purba di sebelah baratlaut Bandung dan pembentukan kaldera di mana di dalamnya Gunung Tangkuban Parahu tumbuh.

Van Bemmelen secara rinci menjelaskan, sejarah geologi Bandung dimulai pada zaman Miosen (sekitar 20 juta tahun yang lalu). Saat itu daerah Bandung utara merupakan laut, terbukti dengan banyaknya fosil koral yang membentuk terumbu karang sepanjang punggungan bukit Rajamandala. Kondisi sekarang, terumbu tersebut menjadi batukapur dan ditambang sebagai marmer yang berpolakan fauna purba.

Menarik bukan sejarah kota Bandung ? Jadi, jangan hanya sekadar tahu Bandung sebagai kota kuliner dan fashion, perdalam juga pengetahuan Anda mengenai sejarah kota Bandung yang kita cintai ini.

disarik dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Napak Tilas

Argumen Bung Karno Tentang Atlantis dan Mitos Nyi Roro Kidul

Salah satu misteri dunia yang masih mengundang tanda tanya hingga hari ini adalah keberadaan Altantis yang hilang ditelan bumi.

Budaya

Mengenal University of Oxford

Siapa yang tidak mengenal University of Oxford. Salah satu universitas tertua di Dunia, kebanggaan masyarakat Inggris.

Napak Tilas 0 Comments

“Panas-Dingin” Menyebabkan Ratusan Ribu Kematian.

  Beberapa abad lalu, lebih dari 100.000 orang meninggal dunia. Berawal dari bagian Timur Nusantara, lalu menjalar ke benua-benua lain seperti Australia, Asia, Afrika, bahkan sampai ke Eropa dan Amerika.