Kartini Terkenal Di Belanda: Banyak Jalan menggunakan Nama R.A. Kartini (R.A. Kartinistraat)

Kartini Terkenal Di Belanda: Banyak Jalan menggunakan Nama R.A. Kartini (R.A. Kartinistraat)


Nama Ibu Kita Kartini diabadikan ke beberapa nama jalan di negeri Tulip Belanda. R.A. Kartini yang lahir di Jepara, pada Tanggal 21 April 1879 silam (sekarang usianya 137 Tahun, jika beliau masih hidup) mungkin tidak menyangka bahwa nama beliau Harum hingga ke mancanegara. Hal ini berkat perjuangan sumbangsih pemikiran yang diberikan terutama untuk kemajuan dan emansipasi Kaum Perempuan.
Nama jalan di Negeri Belanda yang menggunakan nama Ibu Kita Kartini diantaranya:

1. Kota Utrecht

Jalan Ibu Kita Kartini (R.A Kartinistraat) di Utrecht, Belanda,  from google earth

Di Utrecht, Jalan Ibu Kita Kartini dinamakan R.A. Kartinistraat yang merupakan salah satu jalan utama, berbentuk “U”. Ukuran jalan Ibu Kita Kartini (Kartinistraat) lebih besar dibandingkan dengan jalan-jalan yang menggunakan nama tokoh perjuangan lainnya, seperti Augusto Sandino, Steve Biko, Che Guevara, Agostinho Neto, dan lain-lain.

2. Venlo

Jalan R.A. Kartinistrat, Venlo Belanda from Google Earth

Di Venlo Belanda Selatan, Jalan Ibu Kita Kartini (R.A. Kartinistraat) berbentuk “O” di kawasan Hagerhoft. Di sekitarnya terdapat nama-nama jalan tokoh wanita Anne Frank dan Mathilde Wibaut.

3. Amsterdam

Jalan Raden Adjeng Kartinistraat, Amsterdam, Belanda from Google Earth

Di wilayah Amsterdam Zuidoost atau yang lebih dikenal dengan Bijlmer, Jalan Ibu Kita Kartini ditulis lengkap,yaitu Jalan Raden Adjeng Kartini (Raden Ajeng Kartinistraat). Di sekitarnya adalah nama-nama wanita dari seluruh dunia yang punya kontribusi dalam sejarah, yaitu diantaranya Rosa Luxemburg, Nilda Pinto, Isabella Richaards.

4. Haarlem

Jalan Ibu Kita Kartini (Kartinistraat), Harlem, Belanda from Google Earth

Di Harlem Jalan Ibu Kita Kartini (R.A. Kartinistraat) berdekatan dengan jalan Mohammed Hatta, Sutan Sjahrir dan langsung bisa tembus ke jalan Chris Soumokil, Presiden kedua Repubik Maluku Selatan.

Berkat sumbangsih pemikiran melalui surat-surat yang dipublish oleh sahabat pena nya, yang berkembangsaan Belanda, Ibu Kita Kartini menjadi Icon terpenting perjuangan emansipasi kaum perempuan. walaupun sebelumnya sudah ada beberapa tokoh-tokoh seperti Raden Dewi Sartika, Cut Nyak Dien yang sudah terlebih dahulu memulainya dengan jalan perjuangan yang berbeda.

Terakhir, siloka.com mempersembahkan gubahan lagu yang khusus diciptakan oleh sang Maestro, Wage Rudolf Supratman.

About author

You might also like

Teknologi

Jokowi dan Bieber Berselfie ? Kim Kardhasian Ditangkap Satpol PP ?

Berbicara mengenai manipulasi foto, masyarakat yang terbiasa dengan media sosial bakalan mengenal nama Agan Harahap. Nama lengkapnya Yohanes Paganda Halasan Harahap atau dikenal dengan Agan Harahap terkenal di kalangan art

Napak Tilas 1Comments

Seni Ketangkasan Domba Garut

Ketangkasan Domba Garut tidak hanya terkenal dengan dodolnya, tetapi ada juga seni ketangkasan Domba Garut (Adu Domba) yang merupakan permainan rakyat yang sudah ada di Garut sejak lama. Kesenian ini

Hits

Anne Frank dan Buku Harian Seorang Gadis Kecil Korban Holocaust (1)

Pepatah “don’t judge a book from it’s cover” memang benar adanya. Dari buku harian yang tampak tak berharga dengan sampul sederhana dan catatan seorang gadis kecil di dalamnya namun sanggup mengguncang dunia.