Keistimewaan Masjid Istiqlal Yang Tak Dipunyai Masjid Lain (1)

Keistimewaan Masjid Istiqlal Yang Tak Dipunyai Masjid Lain (1)

Masjid Istiqlal merupakan kebanggaan umat Islam Indonesia. Kemegahan dan arsitekturnya yang unik membuat masjid satu ini begitu istimewa. Pada masanya, masjid ini merupakan masjid terbesar se-Asia Tenggara. Berikut keunikan masjid kebanggaan umat yang tidak dimiliki masjid lainnya ini;

Arsitek Masjid Istiqlal, F.Silaban sedang berbincang dengan Bung Karno

Arsitek Masjid Istiqlal, F. Silaban sedang berbincang dengan Bung Karno

1. Arsiteknya Non-muslim

Siapa yang menyangka, masjid megah berarsitektur modern ini ternyata dirancang oleh seorang Kristen Protestan bernama Frederich Silaban. Pria kelahiran Sumatera Utara ini ditetapkan sebagai pemenang sayembara desain Masjid Istiqlal (th. 1955) yang kala itu dewan jurinya diketuai oleh Presiden Ir. Soekarno dengan beranggotakan para arsitek dan ulama. Sebagai pemenang, Frederich Silaban berhak mendapatkan medali emas seberat 75 gram dan uang tunai Rp. 25.000.

masjid istiqlal3

2. Aristektur Modern dan Daya Tampung Yang Besar.

Masjid Istiqlal memang terkenal dengan kemegahan bangunannya. Luas bangunannya hanya mencapai 26% dari kawasan seluas 9.32 hektar, yang selebihnya adalah halaman dan pertamanan. Karena bangunan yang begitu besar dan luas, masjid ini dapat menampung sekitar 200.000 jamaah. Selain terkenal dengan kemegahannya, masjid ini juga mempunyai arsitektur yang unik. Masjid ini dibangun dengan tidak mengenal lengkungan, semua bagian masjid dirancang dengan berbentuk segi empat. Selain itu, masjid ini sangat memerhatikan sirkulasi udara agar bagian dalam masjid tetap terasa sejuk. Sementara corak bangunannya adalah bergaya modern.

mesjidistiqlal4


3
. Istiqlal yaitu Merdeka

Ada yang tahu, darimana penamaan Istiqlal diambil? Nama tersebut¬†diambil dari bahasa Arab yang berarti merdeka. Nama ini sengaja dipilih untuk mengingatkan dan mengenang kemerdekaan yang telah diraih. Sementara pembangunan masjid ini ditujukan sebagai monumen untuk¬†menghormati para pejuang muslim yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan, sekaligus menggambarkan rasa syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala atas limpahan rahmat-Nya berupa kemerdekaan bangsa.

mesjid istiqlal2


4
. Dibangun Bertepatan Maulid Nabi

Pemancangan tiang pertama dilakukan oleh Presiden Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1961 bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Namun memburuknya situasi politik kala itu menyebabkan pembangunan tersendat. Akhirnya setelah tujuh belas tahun, barulah pembangunan dinyatakan selesai. Pada tanggal 22 Februari 1978 Presiden Soeharto meresmikan penggunaannya.*(….Bersambung)

(Disarikan dari berbagai sumber)

Comments

About author

You might also like

Artikel

Death Mask Dari Tujuh Orang Terkenal (Bagian II : Tamat)

4. Napoleon Kaisar napoleon Bonaparte (15 Agustus 1769 – 5 Mei 1821) lahir di pulau Korsika, berasal dari keluarga bangsawan. Kematiannya menjadi kontroversi dimana laporan pemerintah saat itu napoleon disebutkan

Artikel

Lais, Seni Akrobat Tradisional Khas Garut

Melihat pertunjukkan sirkus memang menarik. Namun, ternyata di Garut, seni semacam sirkus sudah ada semenjak lama, Lais namanya. 

Tokoh

Bulan Juni Adalah Bulannya Bung Karno

Tak berlebihan kiranya, jika bulan Juni ini menjadi bulannya Bung Karno (BK). Moment-moment penting dalam kehidupan si Bung ada di Bulan ini.