Keistimewaan Masjid Istiqlal Yang Tak Dipunyai Masjid Lain (2-tamat)

Keistimewaan Masjid Istiqlal Yang Tak Dipunyai Masjid Lain (2-tamat)

Masjid Istiqlal merupakan kebanggaan umat Islam Indonesia. Kemegahan dan arsitekturnya yang unik membuat Masjid satu ini begitu istimewa.

Berikut keunikan Masjid kebanggaan umat ini yang tidak dimiliki masjid lainnya :

kubah istiqlal

5. Kubah Utama Berukuran Besar

Masjid yang mampu menampung jamaah hingga 200.000 orang ini memiliki kubah utama dengan ukuran besar. Kubahnya tersusun dari rangka baja anti karat. Bentang diameter kubahnya adalah 45 meter, angka 45 melambangkan tahun 1945, tahun proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Kubah ini ditopang oleh 12 pilar besar yang tersusun melingkar. Angka 12 melambangkan tanggal kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yaitu 12 Rabiul Awwal, juga melambangkan jumlah bulan dalam setahun.

menara istiqlal


6
. Hanya Memiliki Satu Menara

Masjid ini terdiri dari lima lantai yang melambangkan rukun Islam. Satu lantai dasar masjid ini hanya memiliki satu menara, hal ini untuk melambangkan keesaan Allah. Menaranya berlapis marmer berdiameter 5 meter dan berukuran tinggi 66,66 meter (6.666 cm), melambangkan jumlah ayat dalam Al Qur’an. Puncak menaranya terbuat dari kerangka baja setinggi 30 meter, melambangkan 30 juz dalam Al Qur’an. Sehingga tinggi total menara adalah 96,66 meter.

pintu istiqlal


7
. Tujuh Pintunya Bernama Asmaul Husna

Dalam masjid Istiqlal terdapat tujuh pintu gerbang masuk. Masing-masing pintu itu diberi nama berdasarkan Asmaul Husna. Dari ketujuh pintu ini, tiga pintu yaitu Al Fattah, As Salam dan Ar Rozzaq adalah pintu utama. Selanjutnya adalah Al Quddus, Al Malik, Al Ghaffar, dan Ar Rahman. Angka tujuh melambangkan tujuh lapis langit dalam kosmologi alam semesta Islam, serta tujuh hari dalam seminggu.

bedug raksasa istiqlal


8
. Beduk Raksasa

Bedug merupakan keunikan masjid-masjid di Nusantara. Masjid Istiqlal ternyata menyimpan beduk raksasa yang dinobatkan sebagai yang terbesar di nusantara. Panjangnya 3 meter dengan berat 2,30 ton. Bagian depan bedug berdiameter 2 meter, bagian belakang 1,71 meter dan terbuat dari kayu meranti merah (shorea wood) asal Kalimantan yang berumur 300 tahun. Beduk ini dulunya dipukul setiap hari Jum’at sebelum dikumandangkan adzan shalat Jum’at. Belakangan, suara beduk direkam kemudian diperdengarkan melalui pengeras suara sebelum adzan dikumandangkan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara merawat bedug bersejarah ini.

Itulah beberapa keistimewaan dan keunikan Masjid kebanggan milik umat Islam Indonesia yang hingga kini  masih memancarkan auranya.*


(Disarikan dari berbagai sumber)

About author

You might also like

Artikel

Perempuan Amerika Ini Menyelamatkan Nyawa Presiden Soekarno

Selama menjabat sebagai Presiden, percobaan kudeta, pembunuhan berulangkali dilakukan kepada Soekarno, bahkan pada masa awal jabatannya.

Gaya Hidup

Ini Dia Pemegang Rekor Onani Sejak 2008 !

Lomba Marathon, lomba senam? Mungkin tidak terdengar aneh. Pernah terbayangkan jika onani dilombakan?

Artikel

Benarkah Amerika Serikat Berhutang 57000 Ton Emas Pada Indonesia ?

Asumsi ini datang dari sebuah dokumen yang menggemparkan dunia. Nama dokumen ini adalah “The Green Hilton Agreement”