Ketika Demam Batu Akik Melanda

Ketika Demam Batu Akik Melanda

Beragam Jenis Batu Akik

Beragam Jenis Batu Akik

Hampir di setiap sudut jalan terlihat kerumunan. Bahkan berlangsung hingga larut malam. Ketika didekati, nampaklah aktivitas pedagang dan penjual batu akik sedang asyik bertransaksi.

Belakangan fenomena ini menjamur. Dari mulai mall mewah, hingga pinggir jalan, aktivitas penjual batu akik melayah ruah. Pembeli pun tak kalah menyemut. Beragam alasan mereka mencari batu akik. Mulai dari hanya sebagai keindahan atau juga percaya hal-hal mistis. Masih ada saja yang percaya sebuah batu bisa mendatangkan keberuntungan,atau hal-hal ajaib lainnya.

Aneka rupa batu akik juga bermacam-macam jenisnya, mulai dari harga puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Namun yang unik, demam batu akik akhir-akhir ini diminati kalangan yang lebih luas. Bahkan anak-anak kecil tak jarang memaksa orang tuanya untuk membelikan batu akik untuk mereka pakai sendiri. Jenis batu akik ada yang besar dan kecil. Jenisnya ada beragam macam,dan berasal dari berbagai daerah di Nusantara, seperti Garut, Aceh, Banten, Padang, dan lain sebagainya.

Namun, yang menjadi pertanyaan, semenjak kapan kebiasaan memakai batu akik ini dimulai ? Pemakaian cincin yang bertahtakan batu, pastinya sudah berlangsung ribuan tahun. Namun kalau memakai rujukan Islam, ternyata anjuran memakai batu akik ada dasarnya. Dalam fatwa Ibnu Hajar al-Haytami al-Kubra dijelaskan bahwa ada beberapa hadist yang menjelaskan mengenai hikmah memakai cincin batu akik.

Rasulullah Saw bersabda: “Pakailah cincin Akik, sesungguhnya selama kalian memakai cincin akik maka kesedihan dan kegalauan tidak akan masuk dalam hati kalian.” (Rujuk kitab Uyun Akhbar Al-Ridho 2/47. Wasail 5/86. Makarimul Akhlak hal 87. Sahifah Al-Ridho hal 62). Sayidah Fatimah Az-Zahra r.a. menukil hadis dari Rasulullah Saw yang bersabda: “Barang siapa memakai cincin akik, maka dia akan selalu melihat kebaikan.” (Rujuk kitab Al-Amali hal 311. Wasail 5/88).

Jadi, jika merujuk riwayat tersebut bukan mustahil kebiasaan kaum muslimin memakai batu akik hingga sekarang merupakan sunnah dari Rasulullah Saw sendiri.

Comments

About author

You might also like

Gaya Hidup

Makanan Ini Lebih Tinggi Vitamin C -nya Dibanding Jeruk

Mungkin kita sebagai awam menyangka bahwa jeruk mengandung Vitamin C paling banyak dibanding buah-buah lainnya, namun tebakan kita salah.

Gaya Hidup

Fotografi Levitasi : Bagai Mengambang di Udara

Salah satu impian manusia adalah terbang. Mampukah kita terbang ? Tanpa bantuan apapun, tanpa sayap atau bahkan pesawat.

Jalan-Jalan 0 Comments

Melacak Industri Perak di Kota Gede, Yogyakarta

  Munculnya kerajinan perak di Kotagede bersamaan dengan berdirinya Kotagede sebagai ibu kota Mataram Islam pada abad ke-16. Ada bukti yang menunjukkan bahwa seni kerajinan perak, emas, dan logam pada

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply