Ketika Marinir AS Ikut Lomba Panjat Pinang

Ketika Marinir AS Ikut Lomba Panjat Pinang

Setiap 17 Agustus masyarakat mengadakan perlombaan unik, salah satunya lomba panjat pinang, bagaimana jika Marinir AS ikut serta ?

Perlombaan panjat pinang, makan kerupuk, balap karung adalah perlombaan tradisional yang sering dilaksanakan pada perayaan 17 Agustusan. Namun, bagaimana jika yang menjadi pesertanya adalah Marinir Amerika Serikat ?

Perlombaan tujuh belasan ini sebenarnya merupakan bagian dari latihan bersama antara Marinir Indonesia dengan Marinir Amerika. Menurut Dispen Marinir TNI, latihan bersama ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun dengan sandi Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT). Untuk CARAT 2015 ini digelar sejak Senin (3/8) lalu.

Sebelum melakukan acara fun game, pasukan Marinir dan US Marine melaksanakan latihan penyerbuan sasaran yang dikuasai musuh di Pantai Banongan, Situbondo. Latihan tersebut merupakan latihan operasi amfibi atau Amphibi­ous Exercise. “Sebelum lomba-lomba, mereka latihan operasi amfibi dulu,” ujar Kadispen Marinir Letkol (Mar) Suwandi, Senin (10/8/2015).

Ratusan prajurit Marinir kedua negara menyerang sasa­ran denga cara penyerbuan mekanis. Berbagai kendaraan tempur (ranpur) dari kedua negara juga ikut dalam operasi latihan ini. “Setelah selesai lati­han, dalam rangka menyam­but 17 Agustus, kita ajak pasu­kan Marinir Amerika lomba permainan tradisional sore harinya,” kata Suwandi.

Diceritakan Suwandi, pra­jurit-prajurit US Marine sangat senang mengikuti lomba panjat pinang, balap karung, dan bal­ap bakiak. Lomba bukan diada­kan antar negara, namun saling berbaur berdasarkan tim.

“Ini bukan lomba AS mela­wan Indonesia. Karena untuk menjalin persaudaraan dan solidaritas, mereka berbaur antara Marinir dan US Marine. Jadi per tim,” jelasnya.

“Mereka senang sekali ka­rena belum pernah ngerasain kayak gitu. Waktu lomba balap karung dan bakiak pada jatuh tapi mereka malah seneng, apalagi panjat pinang. Mau sampai melorot lagi,” sam­bungnya.

Setelah berusaha sekuat tenaga dan berkali-kali mero­sot, lomba panjat pinang di­menangkan oleh tim Kavaleri. Saat mencapai puncak, tim mendapat hadiah soft drink. “Kalau lomba balap karung di­menangkan oleh tim Bantuan. Balap bakiak tim Kavaleri me­nang lagi. Tim campuran isin­ya dari Marinir Indonesia dan US Marine. Hadiahnya keru­puk, dimakan bareng-bareng,” cerita Suwandi.

 

disarikan dari beragam sumber.

 

About author

You might also like

Gaya Hidup

Gigi Hitam dan Runcing Sebagai Simbol Kecantikan

Apa yang menjadi ukuran seseorang wanita disebut cantik ? Tentunya lebih banyak diukur dari sifat lahiriah.

Hits

Sebelum Mudik, Silakan Baca Tips-Tips-nya dulu

Lebaran tinggal menghitung hari. Salah satu keunikan lebaran di Nusantara adalah budaya mudik ke kampung halaman.

Napak Tilas

Anne Frank dan Buku Harian Seorang Gadis Kecil Korban Holocaust (1)

Pepatah “don’t judge a book from it’s cover” memang benar adanya. Dari buku harian yang tampak tak berharga dengan sampul sederhana dan catatan seorang gadis kecil di dalamnya namun sanggup mengguncang dunia.