Ki Asep, Sang Maestro Wayang Golek

Ki Asep, Sang Maestro Wayang Golek

Asep-Sunandar-Sunarya

Membicarakan Seni Wayang Golek, tak terlepas dari sosok Asep Sunandar Sunarya. Ia adalah Maestro Wayang Golek yang dimiliki Indonesia.

Melalui tangannya, Seni Wayang Golek menjadi lebih hidup dan semarak. Inovasi dan kreatifitas diperkenalkan ke dalam ranah wayang golek sehingga wayang golek lebih memenuhi selera penonton modern tanpa meninggalkan seni tradisinya. Contoh inovasinya bisa dilihat dari buta (raksasa) yang bisa memuntahkan mie, lidahnya bisa menjulur keluar masuk, Cepot yang bisa mangguk-mangguk dan Arjuna dengan panahnya. Sosok-sosok wayang Ki Asep pun tampil dengan ukiran dan kostum yang mewah.

Ki Asep Sunandar Sunarya lahir di Bandung, 3 September 1955-meninggal di Bandung, 31 Maret 2014. Ki Asep Sunandar Sunarya merupakan anak ke-7 dari pasangan Tjutjun Jubaedah dan Dalang kondang pada masanya, Abeng Sunarya atau yang lebih dikenal dengan sebutan Abah Sunarya. Meski tema yang dibawakannya beragam, namun tak lepas dari sosok Cepot di dalamnya. Bahkan Ikon Cepot ini melekat dengan sosok Ki Asep hingga ke mancanegara.

Melalui bendera “GIRI HARJA III” dalang Asep Sunandar Sunarya berhasil menjadikan dirinya Dalang kondang di dalam negeri. Bahkan, Ia sering diundang dan mentas di luar negeri seperti di Benua Eropa, di Belanda, Jerman, Prancis, Belgia. Amerika dan Negara-negara ASEAN pun pernah ia jajal. Berkat aksi dan terobosannya memainkan wayang golek, Asep Sunandar juga mendapat anugerah doktor honoris causa dari salah satu perguruan tinggi di Prancis.

Pesan dalam cerita pewayangan yang dibawakan Ki Asep disertai dengan candaan (banyolan) dan nasehat yang mudah dimengerti. Melalui Cepot yang suka bercanda,tak jarang kritik sosial dan pesan-pesan dakwah disampaikan dengan ringan namun mudah dicerna. Sosok Ki Asep Sunandar Sunarya memang fenomenal.

Comments

About author

You might also like

Artikel

Jembatan Sewo, Dari Penyapu Jalan Hingga Mitos Kuntilanak

Jika Anda melewati Jembatan Sewo Indramayu mungkin Anda kaget banyak menemukan penyapu jalan di sana, ada apa gerangan ?

Artikel

Pulau Onrust : Benteng VOC, Karantina Haji dan Tawanan Nazi

Jika Anda kebetulan berwisata ke Kepulauan Seribu, kurang lengkap apabila tidak berkunjung ke Pulau Onrust. Sebuah Pulau yang kaya cerita dan sejarah. Pulau Onrust merupakan salah satu pulau di Kabupaten

Artikel 1Comments

In Memoriam Olga Syahputra.

Pelawak berbakat Indonesia Olga Syahputra menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapur. Jumat 27 Maret 2015.   Berita duka mengenai meninggalnya Olga Syahputra langsung menjadi trending topic twitter dunia. Olga

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply