Konsumsi Serangga Kian Populer di Berbagai Negara

Konsumsi Serangga Kian Populer di Berbagai Negara

Serangga menjadi kuliner di berbagai negara

Serangga menjadi kuliner di berbagai negara

 

Mungkin sulit membayangkan sarapan pagi Anda atau makan siang Anda adalah belalang, ulat atau kecoa ! Namun, hal itu sudah lumrah di beberapa negara ini.

Tentu kita mengenal negara tetangga kita, Thailand. Masyarakat negara Gajah Putih ini sudah terbiasa memakan beragam jenis serangga dalam keseharian mereka.

Thailand merupakan salah satu negara yang warganya memiliki kebiasaan mengonsumsi serangga (entomophagy).

Di Thailand, serangga disantap bak makanan ringan, mulai dari telur, larva, atau dewasa. Jenis olahannya beragam, ada yang direbus, dipanggang, digoreng, dan bahkan ada yang tega menyantapnya mentah-mentah.

Hidangan serangga dinikmati semua lapisan masyarakat Thailand, mulai dari warga akar rumput sampai keluarga darah biru.

kuliner-serangga2

Beberapa jenis serangga yang populer dan menjadi komoditas penting antara lain lebah madu, jangkrik, rayap, ulat sutera, dan semut. Adapun serangga yang belum dibudidayakan, tetapi banyak ditangkap dari alam liar adalah belalang, laba-laba, kumbang kelapa, dan ulat sagu.

Jika masyarakat Thailand sudah begitu familiar dengan serangga, maka bagaimana dengan negara lain ? Seperti dilansir dalam detik.com, Kini, beberapa negara seperti Australia dan Amerika mulai mencoba untuk mengolah serangga karena kaya gizi.

Beberapa restoran menyajikan serangga dalam menunya.
Masyarakat Australia tampaknya sulit membayangkan serangga yang masuk ke dalam mulut mereka. Namun menurut chef Luke Nguyen, serangga akan menjadi salah satu makanan populer di masa depan.

Menurut penelitian dari United Nations Food and Agriculture Organisation, sebanyak dua miliar orang di seluruh dunia sudah mengonsumsi serangga. Ada sekitar 1.900 jenis serangga yang layak konsumsi untuk makanan sehari-hari.

Daripada mengonsumsi makanan seperti burger, daging babi, ayam goreng dan quinoa. Menurut Nguyen, serangga seperti kecoa, jangkrik, kalajengking dan laba-laba bisa jadi makanan enak dan bergizi di era modern.

Lalu bagaimana dengan Indonesia ? Beberapa provinsi di Indonesia ada sebagian warganya yang terbiasa yang mengonsumsi serangga, namun secara umum masyarakat kita belum terlalu familiar dengan serangga. Mau coba ?

Disarikan dari beragam sumber.

About author

You might also like

Artikel

Masjid Dengan Arsitektur Paling Unik dari Berbagai Negara (2)

Masjid menjadi titik sentral aktivitas kaum muslimin. Namun, arsitektur Masjid di berbagai pelosok dunia berbeda dan unik.

Budaya

PNS Dan Pejabat di 2 Daerah Ini Wajib Memakai Batu Akik

Setelah Sumsel melalui Gubernurnya, Alex Nurdin mewajibkan PNS di daerahnya untuk memakai batu akik, kini giliran Samarinda, Kaltim.

Gaya Hidup 1Comments

Suatu Sore Bersama Gandhi, MLK dan Mandela (4)

MLK : “Oh, iya, bagaimana dengan keadaan Negeri Tuan sendiri ? Saya : “Founding Father kami memiliki prinsip yang sama dengan Tuan. Namun, apa yang terjadi puluhan tahun setelah kami