Who Moved My Cheese dan Menteri Susi

Who Moved My Cheese dan Menteri Susi

Menteri

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti

 

sumber : https://steveblogswebster.files.wordpress.com/2010/06/wmmc-quartet-new.jpg

Ketika kedua kurcaci Hem dan Haw tiba di Cheese Station C mereka sangat terkejut “apa? Mana Cheese-ku?”,”Siapa yang memindahkan Cheese-Ku?” Hem berseru sambil keheranan. itulah sepenggal kisah dari 4 tokoh (Sniff seekor tikus yang bisa mengendus serta mengantisipasi perubahan, Scurry seekor tikus yang segera bergegas mengambil tindakan, Hem seorang kurcaci yang marah terhadap perubahan dan menganggapnya tidak adil dan Haw seorang kurcaci yang awalnya enggan berubah tapi pada akhirnya menyadari bahwa ia harus mengikutin perubahan sekelilingnya. itu adalah sepenggal kisak klimaks dari buku Who Moved My Cheese? karya Spencer Johnson, M.D.

Jika silokers belum sempat membacanya, anda wajib mencari buku tersebut karena buku tersebut merupakan buku motivasi yang sangat baik tentang bagaimana kita bersikap dalam menyingkapi perubahan, tapi pada bahasan kali ini kita tidak membicarakan Buku Who Moved My Cheese? namun kita akan mencermati korelasi kisah tersebut dengan kebijakan Mentri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tentang pelarangan  penggunaan cantrang untuk menangkap ikan.

Memang bagi para nelayan yang terbiasa menangkap ikan dengan penggunaan cantrang itu adalah suatu hal yang berat, dimana mereka terbiasa menangkap ikan begitu banyak hanya dalam waktu singkat, tiba-tiba dilarang begitu saja, sangat berat tentunya.

Saya rasa kebijakan mentri Susi tersebut sangatlah tepat, karena kebijakan tersebut adalah pengaman untuk masa depan, agar laut indonesia tetap lestari. Selaras dengan penuturan Mentri Susi, pelarangan penggunaan cantrang bukanlah untuk mematikan bisnis para nelayan, tapi untuk kebaikan nelayan itu sendiri. jangan sampai dalam jangka waktu 10-20 tahun kedepan tidak ada yang mau jadi nelayan karena tidak ada ikannya, karena saat ini semuanya diambil dan dikeruk.

Kebijakan tersebut memang terasa sangat berat, tapi perubahan adalah perubahan. kita akan menjadi Hem yang tidak menerima keadaan, atau siap atas sebuah perubahan.

Kita akan habiskan cheese-nya hari ini? atau kita menyisihkannya untuk masa depan?

Comments

About author

You might also like

Hits

Mengapa Air Zam-Zam Begitu Istimewa ?

Bagi umat muslim, air zam-zam begitu berharga. Air ini selain kaya akan sejarah kenabian, ternyata juga sarat khasiat.

Gaya Hidup

Sebaiknya Kita Tahu Manfaat Buah Kurma

Jelang bulan suci Ramadhan, salah satu kekhasannya adalah kehadiran buah Kurma. Buah Kurma, selain manis juga mengandung banyak nutrisi.

Kisah Inspiratif Dibalik “Grand Theft Auto 5” (GTA-5).

Grand Theft Auto atau lebih dikenal GTA, sebuah game fenomenal bagi para gamers dunia, termasuk di Indonesia. Berawal dari kesuksesan GTA San Andreas, beberapa waktu lalu Grand Theft Auto 5 telah resmi

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply