Kota-Kota Kuno Yang Tenggelam Ke Dasar Laut (bagian-1)

Kota-Kota Kuno Yang Tenggelam Ke Dasar Laut (bagian-1)

Peradaban manusia berlangsung ribuan tahun. Banyak kota yang telah dibangun, namun tak sedikit yang hilang tenggelam ke dasar laut.

Penyebabnya bisa beragam. Dari unsur kesengajaan, hingga bencana alam yang meluluhlantakkan kota-kota itu. Namun keindahannya masih dapat kita selusuri meski keberadaannya jauh di dalam lautan.

Berdasarkan perhitungan ahli sejarah dan lmuwan, kota-kota kuno tersebut tenggelam karena banjir yang sangat besar, gempa bumi,  tsunami dan bencana alam lainnya. Namun ada juga kepercayaan dan kisah kuno bahwa kota-kota itu dikutuk, sehingga tidak lagi berfungsi dan tenggelam di dasar laut. Berikut di antara kota-kota tersebut :

alexandria

  1. Kota Alexandria, Cleopatra, Mesir.

Mesir tidak melulu soal Piramida. Ada sebuah kota yang bersejarah, yakni Alexandria. Kota Alexandria yang merupakan kekuasaan Mesir Kuno oleh Cleoparta dikabarkan hilang selama 1.600 tahun. Cerita tentang kota tersebut seperti sebuah legenda. Namun sebuah tim arkeolog menemukan reruntuhan sebuah kota kuno tak jauh dari lepas pantai Alexandria modern di tahun 1998. Monumen-monumen besar ditemukan dan dilakukan penelitian pada temuan ini.

Para ahli berpendapat bahwa kota yang mereka temukan kemungkinan besar tenggelam karena gempa bumi. Beberapa benda yang ditemukan adalah patung sphinx (patung kepala manusia dan tubuh singa, merupakan penjaga piramida), patung, kuil, dan beberapa bagian istana yang diprediksi adalah milik Cleoparta. Bahkan ditemukan patung Cleopatra, Marc Antony dan patung keluarga lainnya.

kota thira

2. Thira di antara Turki dan Yunani

Selanjutnya adalah kota Thira yang tenggelam hampir 3500 tahun yang lalu. Kota yang terletak diantara Turki dan Yunani ini, tenggelam di dasar laut sejak 3500 tahun silam. Kota Thira merupakan ibukota kerajaan Minoa yang kembali ditemukan saat penyelaman di laut Aegia antara Yunani. Letaknya di dasar laut, dalam laguna pulau Santorin yang dulu merupakan gunung api setinggi 1500 meter di atas permukaan laut.

Menurut George Pararas-Carayannis, Direktur Pusat Informasi Tsunami Internasional di Honolulu, kota ini mempunyai sudah lumayan tinggi. Gedung-gedungnya, ada yang bertingkat satu, dua dan tiga. Di dalamnya ditemukan banyak artifak Minoa dan alat-alat rumah tangga. Tapi kerangka manusia, tak satu pun yang ditemukan di situ. Ada kemungkinan, penduduk kota Minoa sudah mengenal sistim tanda bahaya sebelum gunung api meletus.

disarikan dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Artikel 0 Comments

Death Mask : Dari Firaun Hingga Napoleon

Kematian menghampiri semua orang tak terkecuali. Namun, kematian disikapi berbeda oleh setiap orang dan setiap kebudayaan. Di dunia Barat sendiri ada kebiasaan yang unik ketika seseorang meninggal. Terutama apabila yang

Artikel

Pasca Legalisasi Pernikahan Sejenis di AS dan Mereka yang Membela

melegalkan pernikahan sejenis tidak serta merta menyelesaikan masalah diskriminasi, serta perbedaan pandangan antara yang menolak dan menerima.

Artikel 0 Comments

Sembilan Binatang yang Suka Onani

Mimpi basah biasa dialami pria jika hasrat biologisnya tidak tersalurkan, tetapi terkadang manusia menyalurkan hasrat biologisnya dilakukan sendiri dengan cara masturbasi atau onani. Perilaku onani ini ternyata tidak hanya dilakukan oleh manusia