Kota London Merayakan Idul Fitri.

Kota London Merayakan Idul Fitri.

Di Indonesia, umumnya perayaan hari raya Idul Fitri atau Lebaran terjadi pada saat “Malam Takbiran“. Masyarakat berbondong-bondong merayakan hari kemenangan dengan melakukan pawai, menyalakan kembang api, pukul bedug sembari mengumandangkan  takbir.

Tepat pada saat hari raya pasca Shalat Ied, jalanan di kota relatif lengang karena warga muslim sibuk berkeliling ke lingkungan sekitar, bercengkrama, berkumpul bersama keluarga, tak lupa mengenakan pakaian baru.

Perayaan hari raya Idul Fitri di Inggris berada di daerah-daerah tertentu yang mayoritas penduduknya berasal dari Timur Tengah, Arab, Pakistan dan negara Islam lainnya.

Umat Muslim di London berasal dari berbagai negara, tentu saja hal ini membawa beragam budaya dalam merayakan lebaran. Akan tetapi, mereka tidak melakukan pawai serta kembang api pada malam takbiran. Sebagian diam dirumah, sebagian lagi beraktifitas di mesjid, dan tidak belanja ‘baju lebaran’.
Tampak tidak ada perayaan khusus, apalagi kehebohan dalam menyambut hari raya Idul Fitri.

Sebagai sebuah kota multi-kultural, pemerintah kota London tak ingin ketinggalan untuk merayakan hari besar umat Islam.

London Central Mosque adalah salah satu mesjid terbesar di London. Pada lebaran kali ini, London Central Mosque menyelenggarakan lima shalat Ied pada tanggal 17-18 Juli. Untuk memeriahkan suasana, London Central Mosque menghadirkan berbagai acara untuk anak-anak seperti membagikan balon dan permen secara gratis.

Eid in the Park, festival ini diadakan di Rebridge. Festival ini diawali dengan pelaksanaan salat Ied ditengah lapang yang dihadiri sekitar 10 ribu umat Muslim. Setelah salat Ied selesai, festival Eid in the Park dilanjut dengan berbagai acara seperti pameran kesenian Islam, pameran buku dan juga kesehatan.

Dishoom, sebuah cafe yang menyuguhkan berbagai macam makanan khas Timur Tengah bernuansa Iran. Disini kita dapat menikmati berbagai minuman khas India yang disajikan gratis oleh pihak pengelola. Tak ketinggalan, pihak pengelola juga menyediakan menu khusus “Raan Biryani” selama 1 minggu.

Eid Festival 2015, Trafalgar Square - London. (foto:BBC)

Eid Festival 2015, Trafalgar Square – London. (foto:BBC)

Eid Festival 2015, diadakan di Trafalgar Square. Festival ini telah diadakan secara rutin sejak beberapa tahun lalu. Setelah melaksanakan salat Ied, umat Muslim beramai-ramai mengunjungi Eid Festival di Trafalgar Square untuk merayakan hari lebaran. Kuliner dari berbagai negara, pakaian, pameran kesenian, kaligrafi turki, tatto henna, fashion show hingga konser musik pun ada di Eid Festival Trafalgar Square.
Eid Festival Trafalgar Square ini juga menjadi tujuan wisata bagi seluruh warga London dan juga turis mancanegara. Bahkan booth pakaian khas Indonesia serta kuliner Indonesia pun ada disini.

Edgware Road, disebut juga sebagai “Little Arabia” karena di sepanjang ruas jalan Edgware Road ini berderet restoran, cafe serta shisha bar bergaya Arab. Pada lebaran kali ini hampir semua restoran disepanjang ruas jalan Edgware Road ini buka 24 jam selama satu minggu.
Salah satu restoran terkenal di Edgware Road terletak tepat di persimpangan jalan, bernama Dan Marrakesh. Pada tanggal 17-18 Juli 2015, Dan Marrakesh memeriahkan suasana lebaran tahun ini dengan penampilan DJ disertai BellyDance.

Berbeda dengan Indonesia, meriahnya perayaan hari raya Idul Fitri di London terjadi setelah melaksanakan salat Ied. Ketika itulah para umat Muslim belanja, makan-makan dan berpesta merayakan hari kemenangan.

Comments

About author

You might also like

Gaya Hidup 0 Comments

30 Maret, Hari Film Nasional.

Hari ini, tanggal 30 Maret diperingati sebagai “Hari Film Nasional”.   Tepat tanggal 30 Maret 1950, merupakan hari pertama proses pengambilan gambar film berjudul “Darah dan Doa” atau “Long March of

Hits

Inilah Negara-Negara Dengan Waktu Puasa Paling Singkat Di Dunia

Setiap Ramadhan, umat muslim menjalankan ibadah puasa. Tetapi, lama atau singkatnya ibadah puasa di berbagai pelosok dunia berbeda-beda. Misalnya, di belahan bumi Eropa, seperti Belanda kaum muslimin menjalankan ibadah puasa

Artikel 0 Comments

May Day, Dari Isu Komunisme Hingga Libur Nasional

May Day menjadi agenda tahunan bagi kaum buruh. Di sinilah, pada 1 Mei, buruh bisa mengungkapkan aspirasi mereka dengan lebih leluasa. Namun, sesungguhnya, perjuangan hingga mencapai itu tidaklah mudah. Harus