Kota Pompeii Yang Terkubur Selama 1600 Tahun

Kota Pompeii Yang Terkubur Selama 1600 Tahun

Tubuh warga Pompeii yang terawetkan ribuan tahun

Tubuh warga Pompeii yang terawetkan ribuan tahun

Dalam sejarah, banyak peradaban manusia yang hilang dan hancur karena bencana alam. Di antaranya adalah Pompeii, salah satu kota di Kerajaan Romawi.

Hari itu, 24 Agustus 79 Masehi warga kota Pompeii beraktivitas seperti biasa. Mereka berdagang, berinteraksi satu sama lainnya dan mungkin sebagian lainnya sedang menikmati pertunjukan Gladiator. Mereka tidak menyadari tanda-tanda alam. Gempa-gempa kecil sudah sedemikian sering terjadi. Air di sumur-sumur tiba-tiba saja mengering.

Hari itu adalah hari paling nahas dalam hidup mereka. Hari itu Gunung Vesuvius meletus dan menghancurkan dua kota yang berada di lerengnya yaitu Pompeii dan Herculaneum. Kedua kota itu hancur dan sebagian besar penduduknya tewas akibat awan panas, hujan batuan dan debu hasil letusan gunung yang hanya berjarak 9 km dari pusat kota Pompeii.

Debu letusan gunung Vesuvius menimbun kota Pompeii dengan segala isinya sedalam beberapa kaki menyebabkan kota ini hilang selama 1.600 tahun. Belum diketahui pasti jumlah korban tewas di kedua kota itu, namun diperkirakan jumlahnya berkisar antara 10.000 hingga 25.000 jiwa.

pompeii2

Akibat timbunan abu vulkanis, jasad manusia dan hewan yang menjadi korban terawetkan selama ribuan tahun dan sekarang menjadi subyek sebuah pameran Museum Antiquarium de Boscoreale, dekat reruntuhan kota Pompeii.

kota Herculaneum ditemukan kembali pada 1738, dan Pompeii pada 1748. Kedua kota ini digali kembali dari lapisan debu tebal dengan membebaskan semua bangunan-bangunan dan lukisan dinding yang masih utuh.

Sebenarnya, kota ini telah ditemukan kembali pada 1599 oleh seorang arsitek bernama Fontana yang menggali sebuah jalan baru untuk sungai Sarno, namun membutuhkan lebih dari 150 tahun kemudian barulah sebuah upaya/kampanye serius dilakukan untuk membebaskan kota ini dari timbunan tanah.

Namun, penemuan kota kuno itu juga menimbulkan berbagai persoalan misteri di banyak pihak terutama peneliti sejarah.

Bahkan, lebih mengejutkan adalah selain artefak berupa keramik dan barang kuno, juga ditemukan di area tersebut adalah puluhan patung batu berbentuk manusia dalam kondisi menakutkan.

Di antara penemuan aneh itu adalah sekelompok jasad manusia yang tampaknya berubah menjadi patung batu.

Inilah warga kota Pompeii yang ikut terawetkan karena letusan Gunung Vesuvius. Saat-saat terakhir mereka terekam dari beragam posisi dan ekspresi ketika mereka tertutup oleh debu dan lapisan seperti semen yang menutupi tubuh mereka.

Pompeii dinyatakan sebagai Situs Bersejarah Dunia oleh UNESCO pada tahun 1997. Situs ini telah menjadi tujuan wisata populer selama hampir 250 tahun. Sekarang ini dikunjungi oleh sekitar 2,5 juta orang setiap tahun.

 

Disarikan dari beragam sumber.

About author

You might also like

Artikel

Charlotte Elizabeth Diana Puncaki Trending Topik

Semenjak Diumumkannya nama dari Royal Princess, putri dari pangeran William dan Kate Middletone ke publik Charlotte Elizabeth Diana langsung memuncaki trending topic dunia di twitter. Rasa penasaran publik Inggris yang beberapa hari

Artikel

Legenda Sumur Bandung

Aura mistis sering melingkupi cerita seputar Sumur Bandung. Di sana-sini banyak dibumbui hal-hal takhayul. Namun, bagaimana sesungguhnya fakta dari Sumur Bandung itu sendiri ? Pertanyaan yang mesti diajukan pertama kali adalah,

Napak Tilas

Bandung, Kota Yang Lahir Tanpa Sengaja.

“Rome wasn’t built in a day” Pepatah itu bukannya tanpa pengecualian, kota Bandung contohnya. Semula Daendels tak pernah terpikir jika ambisinya membangun jalan raya pos malah melahirkan sebuah kota baru.