Legenda Berwujud Sesosok VW Kodok

Legenda Berwujud Sesosok VW Kodok

Zaman boleh berganti, masa boleh terlewati, namun ada desain-desain unik yang seolah abadi dan melegenda.

Hal ini berlaku juga di dunia otomotif. Jika di dunia sepeda motor kita mengenal Vespa, maka di dunia mobil kita mengenal Volkswagen, khususnya VW Kodok.

Volkswagen Beetle, adalah sebuah mobil kecil yang diproduksi oleh Volkswagen Juga dikenal dengan VW Kodok di Indonesia atau Bug dalam bahasa Inggris, atau Käfer dalam bahasa Jerman,

VW Kodok merupakan salah satu mobil yang paling mudah dikenal di dunia, dikarenakan oleh bentuknya yang khas, bunyinya yang unik, dan kehandalannya. Selain memiliki bentuk yang unik, ternyata VW Beetle yang juga dikenal dengan sebutan VW Kodok memiliki sejarah panjang dalam dunia otomotif, terutama proses menciptakannya.

Diketahui dilahirkannya VW Beetle dahulu merupakan inisiatif yang dicetuskan oleh Sang Fuhrer, Adolf Hitler yang menginginkan adanya mobil dengan harga murah untuk rakyatnya.

Atas inisiatifnya tersebut, Hitler pun memutuskan meminta seorang insinyur kenamaan Jerman bernama Ferdinand Porsche beserta timnya untuk mempersiapkan segala aspek teknis untuk produksi pada tahun 1934.

Order Hitler adalah mobil rakyat yang dapat mengangkut lima orang (dua dewasa dan tiga anak), kecepatannya 100km/jam, mengkonsumsi bahan bakar 14km/liter dengan harga tak lebih mahal dari sepeda motor berkereta samping.

beetle

Kemudian dibuatlah konsep cikal bakal Beetle yang saat itu disebut Kraft durch Freude-Wagen (KdF-Wagen), kota di mana mobil ini dibuat diberi nama KdF-Stadt. KdF-Wagen dituangkan dalam 30 prototipe pada 1937 dan dipasarkan mulai tahun 1938 namun terhenti setelah sempat memproduksi 630 unit akibat pecah Perang Dunia II pada 1939.

VW Kodok diproduksi mulai tahun 1938 sampai 2003, Pada rentang masa yang panjang ini, lebih dari 21 juta VW Kodok dibuat. Dalam sebuah polling internasional untuk penghargaan mobil yang paling berpengaruh, VW Kodok menempati peringkat keempat setelah Ford Mini T. Mini dan Citroen DS.

Apa nilai yang kita bisa ambil dari sejarah VW Kodok? Desain mobil ini seakan tak lekang oleh waktu. Dan dari rentang sejarah yang panjang ini banyaklah budaya yang lahir seiring perjalanannya, semisal mulai bermunculannya komunitas VW kodok, touring, dan lainnya. VW kodok memang menjelma menjadi mobil “rakyat”dunia.

disarikan dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Napak Tilas

Revitalisasi Situs Penjara Banceuy

Mulanya terkesan kumuh, kotor dan tak terawat. Namun, kesan ini seolah hilang. Bahkan patung Bung Karno telah melengkapi situs ini.

Gaya Hidup 1Comments

6 Perairan Jernih di Dunia.

6 Destinasi wisata air yang memikat hati dengan kebersihan dan kejernihan airnya. Hampir mustahil rasanya di zaman sekarang ini untuk melihat perairan yang bersih dengan air yang jernih. Maraknya industri

Artikel

Ruarr Biasa, Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal Sikat Singapura !

Perjuangan skuad Garuda Muda tidaklah sia-sia. Setelah kurang greget di babak pertama di bawah tekanan tim tuan rumah, di babak kedua permainan mereka mulai berkembang dan membuahkan hasil.