Mahasiswa Swedia Membuat Bendera Planet Bumi.

Mahasiswa Swedia Membuat Bendera Planet Bumi.

Bendera planet bumi disematkan pada seragam astronot. (International Flag of Planet Earth)

Bendera planet bumi disematkan pada seragam astronot. (International Flag of Planet Earth)

Bendera Planet Bumi diciptakan, apakah ini pertanda adanya kehidupan extra-terrestrial? Atau mungkin pertanda bahwa kelak kita memiliki relasi dengan planet lain, sehingga membutuhkan bendera untuk membuktikan kedaulatannya.

Di dunia ini terdapat 196 negara, setiap negara memiliki perlambang dalam wujud bendera. Bagaimana dengan bendera untuk tempat dari negara-negara tersebut?

Oskar Pernefeldt, seorang mahasiswa dari Beckmans College of Design di Stockholm membuat bendera planet bumi ini untuk project tugas akhir kelulusan. Sebuah design geometris lingkaran putih diatas latar warna biru.

Tujuh lingkaran berwarna putih saling terkait membentuk bunga, wujud saling keterkaitan dan juga menggambarkan keindahan bumi. Warna biru sebagai perlambang lautan.
Dalam proposalnya, Pernefeldt mengatakan biru yang dipilih harus bisa ‘mandiri’ dari putihnya baju astronot dan hitamnya jagat raya. Hal ini disebabkan jika warna biru terlalu muda akan menyatu dengan putih, apabila biru gelap akan menyatu dengan hitam.

Bendera Planet Bumi, Oskar Pernefeldt.

Bendera Planet Bumi, Oskar Pernefeldt.

Intinya, Pernefeldt menyatakan bendera ini dimaksudnya untuk merepresentasikan bumi. Dan juga kelak akan disematkan pada seragam astronot, dipasang pada rumah-rumah, dan digunakan pada acara-acara olahraga.

Dalam proposalnya, Pernefeldt menuliskan kegunaan-kegunaan lain dari bendera planet bumi.
Untuk saat ini, memang terdengar konyol mendengar bendera ini diperuntukan bagi kedaulatan bumi. Hingga saat ini, belum ada pertanda eksistensi dari kehidupan lain selain di planet bumi.

Tapi masih ada kemungkinan di masa depan kita memiliki relasi dengan planet lain, bahkan terjalin hubungan diplomatis dengan alien.

(dari berbagai sumber)

Comments

About author

You might also like

Artikel

Fotografi Levitasi : Bagai Mengambang di Udara

Salah satu impian manusia adalah terbang. Mampukah kita terbang ? Tanpa bantuan apapun, tanpa sayap atau bahkan pesawat.

Napak Tilas 0 Comments

Braga Tempo Dulu

Braga sebuah kawasan yang sejak zaman “baheula” sampai “kiwari” menjadi ikon kota Bandung. Jalan yang pernah dijuluki Jalan Culik karena terkenal kerawanannya ini disebut juga Jalan Pedati pada 1900-an. Disebut

Makanan

Dari Manakah Kuliner Soto Berasal ?

Siapa yang tidak mengenal soto? Uniknya, soto sangat beragam dan setiap daerah memiliki ciri khasnya.