Mahasiswa Swedia Membuat Bendera Planet Bumi.

Mahasiswa Swedia Membuat Bendera Planet Bumi.

Bendera planet bumi disematkan pada seragam astronot. (International Flag of Planet Earth)

Bendera planet bumi disematkan pada seragam astronot. (International Flag of Planet Earth)

Bendera Planet Bumi diciptakan, apakah ini pertanda adanya kehidupan extra-terrestrial? Atau mungkin pertanda bahwa kelak kita memiliki relasi dengan planet lain, sehingga membutuhkan bendera untuk membuktikan kedaulatannya.

Di dunia ini terdapat 196 negara, setiap negara memiliki perlambang dalam wujud bendera. Bagaimana dengan bendera untuk tempat dari negara-negara tersebut?

Oskar Pernefeldt, seorang mahasiswa dari Beckmans College of Design di Stockholm membuat bendera planet bumi ini untuk project tugas akhir kelulusan. Sebuah design geometris lingkaran putih diatas latar warna biru.

Tujuh lingkaran berwarna putih saling terkait membentuk bunga, wujud saling keterkaitan dan juga menggambarkan keindahan bumi. Warna biru sebagai perlambang lautan.
Dalam proposalnya, Pernefeldt mengatakan biru yang dipilih harus bisa ‘mandiri’ dari putihnya baju astronot dan hitamnya jagat raya. Hal ini disebabkan jika warna biru terlalu muda akan menyatu dengan putih, apabila biru gelap akan menyatu dengan hitam.

Bendera Planet Bumi, Oskar Pernefeldt.

Bendera Planet Bumi, Oskar Pernefeldt.

Intinya, Pernefeldt menyatakan bendera ini dimaksudnya untuk merepresentasikan bumi. Dan juga kelak akan disematkan pada seragam astronot, dipasang pada rumah-rumah, dan digunakan pada acara-acara olahraga.

Dalam proposalnya, Pernefeldt menuliskan kegunaan-kegunaan lain dari bendera planet bumi.
Untuk saat ini, memang terdengar konyol mendengar bendera ini diperuntukan bagi kedaulatan bumi. Hingga saat ini, belum ada pertanda eksistensi dari kehidupan lain selain di planet bumi.

Tapi masih ada kemungkinan di masa depan kita memiliki relasi dengan planet lain, bahkan terjalin hubungan diplomatis dengan alien.

(dari berbagai sumber)

About author

You might also like

Napak Tilas 0 Comments

Rencana Bandung Menjadi Ibu Kota Hindia Belanda (1)

Sudah tak terhitung kiranya artikel dan tulisan yang mengangkat kota Bandung. Namun demikian, Bandung seakan-akan menjadi bahan yang tak habis-habisnya diperbincangkan. Begitu pula yang membahas sejarah Bandung, atau Bandung Tempo

Artikel

Kalau Presiden RI Bengkak Kakinya (1)

Cerita ini adalah tentang keseharian Bung Karno yang diceritakan anaknya, Guntur Soekarnoputra dalam bukunya “Bung Karno Bapakku, Kawanku, Guruku.”

Napak Tilas

17 Fakta Unik Tentang Benua Antartika

Fakta unik Antartika – Benua paling terpencil, paling tinggi, paling kering, paling berangin, paling kosong, dan tempat paling dingin di muka bumi.