Makan Tempe Membuat Orang Bahagia

Makan Tempe Membuat Orang Bahagia

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dengan mengkonsumsi coklat hitam atau minum kopi, dapat membantu memulihkan suasana hati kita yang sedang turun. Tetapi taukah kalian bahwa dengan mengkonsumsi tempe juga bisa membuat orang menjadi bahagia?

Hal tersebut dijelaskan oleh ahli diet, Rebecca Scritchfield, yang dikutip dari Huffington Post. Dia menyatakan bahwa ada hubungan antara pencernaan dengan suasana hati.

Rebecca menjelaskan, pencernaan dan perut bekerja seperti ‘otak kedua’ yang berkomunikasi dengan otak manusia. Dari hubungan tersebut, maka apa yang ada di dalam perut kita dapat berpengaruh langsung terhadap perasaan dan emosi kita.

Sebagai ahli diet, Rebecca Scritchfield merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan hasil fermentasi seperti yoghurt, kefir, kecap dari kedelai, tempe dan kimchi -makanan khas dari Korea. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut mengandung bakteri yang sehat.

Tidak hanya itu, bawang putih, artichokes, pisang dan sejenis beri pun dapat mengembangbiakkan bakteri yang sehat. Bakteri-bakteri inilah yang mempengaruhi emosional manusia secara positif.

Dalam setiap 100 gram tempe mengandung 20,8 gram protein; 8,8 gram lemak; 1,4 gram serat; 155 miligram kalsium; 326 miligram fosfor dan 4 miligram zat besi. Kandungan nutrisi yang terdapat pada tempe menjadikannya layak untuk dikonsumsi setiap hari. Bahkan tempe juga mampu membantu kita mendapatkan bentuk tubuh ideal, karena tempe tidak mengandung kolesterol.

Makanan yang sering kita konsumsi juga mengandung banyak serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, atau biasa disebut dengan “prebiotik fiber.” Prebiotik inilah yang menjadi makanan bagi bakteri sehat di dalam pencernaan kita.

Tetapi, jika kita membeli makanan fermentasi dalam kemasan, disarankan untuk melihat dengan teliti label dari makanan tersebut sebelum mengonsumsinya. Karena ada kemungkinan beberapa dari produk tersebut mencantumkan proses fermentasi sebagai alat pemasaran perusahaan belaka. Padahal, makanan tersebut tidak melalui proses fermentasi sama sekali.

Jika mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh kita, jangan malu untuk mengonsumsi tempe ya!*

 

(Disarikan dari berbagai sumber)

About author

You might also like

Artikel

Ruarr Biasa, Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal Sikat Singapura !

Perjuangan skuad Garuda Muda tidaklah sia-sia. Setelah kurang greget di babak pertama di bawah tekanan tim tuan rumah, di babak kedua permainan mereka mulai berkembang dan membuahkan hasil.

Hits

Sejarah Awal Mula Scooter Vespa Piaggio

Sejarah mencatat ketika Enrico Piaggio secara tak sengaja berseru “Sambra Una Vespa” (terlihat seperti Tawon). Inilah cikal bakal penamaan Vespa.

Lingkungan

Harta Karun di Perairan Indonesia Diperkirakan Bernilai 127,6 Triliun ! (3-tamat)

Selain ikan dan minyak bumi, muatan harta karun dari kapal-kapal karam yang disinyalir berjumlah jumlah ratusan !