Masjid Dengan Arsitektur Paling Unik dari Berbagai Negara (1)

Masjid Dengan Arsitektur Paling Unik dari Berbagai Negara (1)

Masjid menjadi titik sentral aktivitas kaum muslimin. Namun, arsitektur masjid di berbagai pelosok dunia berbeda dan unik.

Masjid di Nusantara tentu berbeda dengan masjid-masjid di belahan dunia lain. Mungkin ada kesamaan untuk hal-hal yang pokok seperti mimbar, menara, dan arah sholat yang mengarah ke Baitullah di Makkah. Namun di luar itu, semisal arsitekturnya, mencerminkan lokalitas dan budaya setempat.

Di berbagai pelosok dunia, 1 milyar lebih kaum muslimin beribadah di masjid-masjid yang memiliki ciri khas sesuai budaya mereka.

Berikut masjid-masjid unik menurut versi Siloka.com :

Masjid Agung di Xian Cina

1.Masjid Agung di Xi’an di Cina.

Masjid unik pertama di dunia menurut versi Siloka.com adalah masjid agung Xi’an, Cina. Masjid ini merupakan sebuah masjid yang sangat unik, terbesar, dan tertua di kota Chang’an –lebih dikenal dengan kota Xi’an, Cina.

Desain masjid ini dipengaruhi oleh arsitektur bangunan dan rumah ibadah yang lazim pada masa itu, masjid ini dibangun selama 742 CE (kekuasaan Kaisar Xuanzong, 685-762 M). Kemudian Kaisar Hongwu dari Dinasti Ming merenovasi kembali masjid, dan sama sekali tidak pernah menambahkan kubah dan menara, atau sama sekali tidak mengubah arsitektur asli masjid.

Keunikan masjid ini terletak pada bentuk bangunannya lebih menyerupai kuil dari pada bangunan masjid pada umumnya. Fitur yang penting dalam arsitektur ini adalah penekanan pada ‘simetris yang kontras’ dengan taman di sekitar bangunan. Masjid ini merupakan salah satu contoh dari Sino-arsitektur Islam.

Masjid ini awalnya merupakan pusat keagamaan (Islam) bagi pedagang Arab dan Persia yang beroperasi di Cina serta pusat kegiatan hubungan dagang dengan pemerintahan dinasti Tang, Disinilah rute perdagangan Xi’an terhubung ke Timur Tengah dan Eropa, dan China untuk membuka diri dengan dunia Barat.

Dan pada tahun 1988, pemerintah setempat menetapkannya sebagai salah satu bangunan bersejarah terpenting di Cina.* (….bersambung)

(Disarikan dari berbagai sumber).

 

Comments

About author

You might also like

Napak Tilas

Siapa Sangka, Foto Berwarna Ini Sudah Berusia 100 Tahun !

Bagi kita yang lahir di periode 80 hingga 90 puluhan mungkin tidak terlalu aneh melihat foto berwarna. Meski masih memakai film sebagai medianya, foto berwarna sudah begitu lumrahnya.

Napak Tilas

Kenali Teknik Dan Posisi Bercinta Melalui Buku “kamasutra”

Salah satu karya yang menghebohkan dunia karena berisi teknik dan cara bercinta dari zaman kuno adalah Kamasutra.

Hits

Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Masih Relevankah ?

Lebih dari dua dasawarsa lebih gerakan ini, bagaimana dengan realisasinya ?