Masjid Dengan Arsitektur Paling Unik dari Berbagai Negara (2)

Masjid Dengan Arsitektur Paling Unik dari Berbagai Negara (2)

Masjid menjadi titik sentral aktivitas kaum muslimin. Namun, arsitektur masjid di berbagai pelosok dunia berbeda dan unik.

(lanjutan…)Berikut beberapa masjid yang unik dari berbagai negara :

Masjid Agung Kota Djenne Mali
2. Masjid Agung di Kota Djenne, Mali.

Masjid unik di dunia berikutnya yaitu Masjid Agung Djenne. Masjid yang terletak di Djenne, sebuah kota kecil di pusat Negara Mali, Afrika Barat, merupakan sebuah warisan arsitektur dunia karena dibangun seluruhnya dengan lumpur dan kayu. Sisi luar dari masjid dibentuk dari plester lumpur dan kayu-kayu yang menjorok keluar dari bangunan seperti jarum-jarum tersebut digunakan sebagai penyangga dan juga sebagai perancah jika akan ada perbaikan.

Yang uniknya lagi, setiap tahun para penduduk Mali mengadakan festival untuk memperbaiki masjid ini dengan cara melapisinya menggunakan lebih banyak plaster lumpur. Masjid menakjubkan ini juga pernah menjadi pusat pengajaran Islam di Afrika pada abad ke-18. Masjid tua itu kini masih menjadi tujuan para pelancong dari mancanegara yang datang untuk sekedar mengagumi keindahannya, atau untuk beribadah di sana. Dan kini, masjid Djenne masih menjadi salah satu bangunan penting di Afrika Barat.

Pembangunan Masjid Agung Djenne yang unik ini dimulai pada 1906 dan selesai satu tahun kemudian. Masjid Agung di Djenne, tidak hanya bangunan yang terbuat dari bata dengan bahan dasar lumpur terbesar di dunia, tetapi juga sebuah model arsitektur ramah lingkungan yang berkelanjutan.

Berkat arsitekturnya yang unik, pada 1988 lalu, kota tua Djenne dan Masjid Agungnya, diresmikan menjadi situs sejarah dunia oleh UNESCO. Selain beribadah, umat muslim dan turis dari seluruh dunia sengaja datang untuk mengagumi struktur bangunan masjid ini.

Masjid Jamiul Alfar kota Kolombo Srilanka

3.Masjid Jamiul Alfar di Kota Kolombo, Sri Lanka

Di Sri Lanka, di mana penganut Hindu menjadi mayoritas, terdapat masjid yang terbilang unik, tepatnya di bagian kota tua Kolombo.

Di sana berdiri sebuah masjid tua dan unik bernama Masjid Jamiul Alfar. Masjid ini menjadi salah satu masjid tertua di kota Kolombo dan merupakan ikon pariwisata di ibu kota Sri Lanka. Mulai dibangun pada tahun 1908 dan selesai pada tahun 1909, masjid ini dirancang oleh Hl Saibo Lebbe.

Ciri khas desain arsitektur Masjid ini adalah ornamen atau dekoratif dinding belang merah dan putih, yang menghiasi bagian luar bangunan masjid. Namun, dibandingkan warna putih warna merah tampak lebih mendominasi. Karenanya, ada yang menyebut masjid ini dengan nama Samman Kottu Palli, atau Rathu Palliya dari Masjid Merah. 

Sementara detail struktur bagian luar masjid yang didominasi warna merah dan putih, menampilkan efek seperti kue lapis. Warna merah mencolok ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dan para pelaku bisnis yang berkunjung ke Kolombo. 

Namun demikian, dekoratif indah ini tidak lantas membuat masjid ini kehilangan nilai spiritualnya.

Arsitektur yang terdapat pada bangunannya, memperlihatkan kekayaan akan nilai kebudayaan Islam yang dipadu dengan kemegahan bangunan kastil di Inggris. Walaupun letaknya berada dijajaran pertokoan, tetapi karena rancangan bangunan dan warnanya yang unik, menjadikan masjid ini benar-benar tampil beda dan menarik perhatian mata.*

 (Disarikan dari berbagai sumber).

About author

You might also like

Hits

Transplantasi Kepala: Ilmiah? atau Fiksi Ilmiah? (1)

Tahun 1970, transplantasi kepala seekor monyet hidup berakibat kelumpuhan akibat penolakan dari sistem kekebalan tubuh terhadap kepala.

Lingkungan

Di Manakah Pulau Dinosaurus Berada ?

Menemukan fosil dinosaurus bukan perkara mudah. Hewan ini sudah punah jutaan tahun lalu. Tapi bagaimana jika fosil dino berada di suatu pulau ?

Artikel 0 Comments

Death Mask : Dari Firaun Hingga Napoleon

Kematian menghampiri semua orang tak terkecuali. Namun, kematian disikapi berbeda oleh setiap orang dan setiap kebudayaan. Di dunia Barat sendiri ada kebiasaan yang unik ketika seseorang meninggal. Terutama apabila yang