Masjid dengan Arsitektur Paling Unik dari Berbagai Negara (3-tamat)

Masjid dengan Arsitektur Paling Unik dari Berbagai Negara (3-tamat)

Masjid menjadi titik sentral aktivitas kaum muslimin. Namun, arsitektur masjid di berbagai pelosok dunia berbeda dan unik.

(lanjutan…) berikut beberapa di antara masjid unik dari berbagai negara :

masjid hasan

4.Masjid Hassan II di Maroko

Selanjutnya, Masjid unik di dunia dari daftar ini ialah masjid Hassan II. Masjid yang berdiri megah dan terapung dari atas laut ini merupakan masjid terbesar sekaligus terindah di Kota Casablanca, Maroko. Masjid Hassan II dianggap sebagai Masjid terbesar kedua setelah Masjidil Haram di Mekkah.

Tak hanya itu, kemegahan lainnya yang nampak dari masjid ini ialah menara masjidnya yang memiliki tinggi 210 meter, ini membuat menara masjid ini paling tinggi di dunia. Masjid yang memiliki kapasitas 25.000 orang ini dibangun hanya dalam waktu 6 tahun mulai dari tahun 1980 dan didesain oleh arsitek kebangsaan Perancis, Michel Pinseau.

Masjid ini dibangun oleh Raja Hassan II, yang kemudian dinamakan sama dengan sang raja. Masjid ini terletak di sebuah tanjung yang menghadap langsung ke Samudera Atlantik. Letak keunikan dari masjid Hassan II ini yaitu letaknya berada di atas tanah reklamasi; hampir setengah dari bangunan masjid berada di atas lautan. Istimewanya, sebagian lantai masjid terbuat dari kaca sehingga umat muslim yang beribadah atau sujud, dapat melihat langsung ke dalam laut. Jika dilihat dari kejauhan, masjid Hassan II seperti terapung.

Keunikan lainnya yaitu masjid ini dibangun dengan konstruksi tahan gempa, memiliki pemanas lantai, pintu otomatis, serta atap masjidnya yang dapat dibuka atau digeser. Hiasan ornamen di lantai, pintu, dinding, dan langit-langit masjid terlihat sangat detil dan indah, kental dengan nuansa seni bangsa Moor.

Luas bangunan masjid nan megah ini mencapai 2 hektar dan dapat menampung 25.000 jamaah di dalam masjid, serta 80.000 jamaah di halamannya. Uniknya, masjid Hassan II ini juga terbuka untuk umum dan pengunjung non-muslim. Semua pengunjung dapat membeli tiket masuk masjid dan akan dipandu oleh pemandu tur yang menjelaskan detail dari interior masjid.

larabanga-mecset

5.Masjid Laarabanga di Ghana

Masjid unik di dunia berikutnya yaitu masjid Larabanga. Masjid Larabanga merupakan masjid bersejarah ber-arsitektural Sudan di kampong Larabanga, Republik Ghana, benua Afrika. Sebuah masjid tuanya terbuat dari lumpur khas benua Afrika dan masih eksis hingga kini. Selain itu, masjid ini disebut-sebut sebagai masjid tertua di Ghana dan kawasan Afrika Barat.

Masjid Larabanga menjadi salah satu dari sekian banyak masjid-masjid eksotis khas Afrika yang terbuat dari lumpur. Ukuran masjid ini tak terlalu besar, bisa jadi hanya seukuran sebuah surau di Indonesia. Ukurannya hanya 8x8m, namun nilai sejarahnya yang tinggi. Masjid ini termasuk dalam daftar 100 situs dunia yang harus diselamatkan, versi The World Monuments Fund’s.

Masjid kuno Larabanga dibangun dengan gaya masjid-masjid Sudan kuno yang khas, yaitu berbentuk segi empat, dilengkapi dengan kerangka struktur ataupun pilar-pilar yang menopang atapnya. Diramaikan lagi dengan beberapa pilar tambahan dengan puncak yang menjulang, memberikan keragaman ketinggian pada atap masjid.

Menurut catatan sejarah, ada beberapa kontroversi terkait kapan pastinya masjid ini dibangun. Namun, sejarah Tutur menyebutkan bahwa, masjid Larabanga dibangun pada tahun 1421 M. Disebutkan juga bahwa seorang saudagar muslim bernama Ayuba, telah membangun masjid ini secara misterius. Didekat salah satu pintu masuk ke masjid ini, berdiri kokoh sebatang pohon baobab yang sangat besar dan tetap dipertahankan hingga kini. Di bawah pohon inilah Ayuba dimakamkan ketika beliau wafat.*

(Disarikan dari berbagai sumber).

Comments

About author

You might also like

Gaya Hidup 1Comments

Jenis Batu Akik Indonesia Yang Paling Dicari Kolektor

Demam batu akik terus bergulir. Di momen KAA (Konferensi Asia Afrika ) 2015 kemarin, batu akik lebih diangkat pamornya. Adalah Ridwan Kamil, sang Walikota Bandung yang hendak memberikan cinderamata berupa

Hits

Mana Saja Kota yang Cocok Menggantikan Jakarta Sebagai Ibukota ?

Semenjak zaman Presiden Pertama kita, Bung Karno, wacana perpindahan ibukota mengemuka. Pada masa itu ada wacana memindahkan ibukota dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Artikel 0 Comments

Olga Syahputra: Dari Lenong Bocah Hingga Layar Lebar.

Dikenal sebagai presenter dan komedian terkenal, Olga Syahputra memulai karirnya dari nol.  Berbagai karya telah diguratkan Olga dalam jagad entertainment tanah air, antara lain :   Program TV Komedi –