May Day, Dari Isu Komunisme Hingga Libur Nasional

May Day, Dari Isu Komunisme Hingga Libur Nasional

May Day dan aspirasi Buruh

May Day dan aspirasi Buruh

May Day menjadi agenda tahunan bagi kaum buruh. Di sinilah, pada 1 Mei, buruh bisa mengungkapkan aspirasi mereka dengan lebih leluasa.

Namun, sesungguhnya, perjuangan hingga mencapai itu tidaklah mudah. Harus ada proses yang berdarah-darah, dan memakan korban jiwa. Korbannya tak lain adalah kaum buruh, kaum yang selama ini sering dimarginalkan dalam sistem ekonomi yang serba kapitalistik.

Sejarahnya, dulu kaum buruh bisa bekerja hingga 18 sampai 20 jam sehari ! Bisa dibayangkan, mereka hanya memilki waktu untuk beristirahat selama 4 jam saja tiap harinya. Jadi tuntutan awal mereka adalah mereduksi jam kerja yang tidak manusiawi itu ! Mereka dianggap tidak lebih daripada sekrup industri, bukan manusia seutuhnya. Lalu mengapa tanggal 1 Mei bisa ditetapkan sebagai Hari Buruh ?

Sejarahnya berkaitan dengan Peristiwa “Haymarket.” Pada 1 Mei tahun 1886, sekitar 400.000 buruh di Amerika Serikat mengadakan demonstrasi besar-besaran untuk menuntut pengurangan jam kerja mereka menjadi 8 jam sehari. Aksi ini berlangsung selama 4 hari sejak 1 Mei.

Pada 4 Mei 1886 di Lapangan Haymarket, para Demonstran melakukan pawai besar-besaran, Polisi Amerika kemudian menembaki para demonstran tersebut sehingga ratusan orang tewas dan para pemimpinnya ditangkap kemudian dihukum mati, para buruh yang meninggal dikenal sebagai martir.

Represi terhadap kaum buruh, tidak lantas mematikan pergerakan mereka. Pada bulan Juli 1889, Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di Paris menetapkan peristiwa di AS tanggal 1 Mei itu sebagai hari buruh sedunia dan mengeluarkan resolusi berisi:

Sebuah aksi internasional besar harus diorganisir pada satu hari tertentu dimana semua negara dan kota-kota pada waktu yang bersamaan, pada satu hari yang disepakati bersama, semua buruh menuntut agar pemerintah secara legal mengurangi jam kerja menjadi 8 jam per hari, dan melaksanakan semua hasil Kongres Buruh Internasional Perancis.

Resolusi ini mendapat sambutan yang hangat dari berbagai negara dan sejak tahun 1890, tanggal 1 Mei, yang diistilahkan dengan May Day, diperingati oleh kaum buruh di berbagai negara, meskipun mendapat tekanan keras dari pemerintah mereka.Lalu, bagaimana dengan di negara kita ?

Di Indonesia sendiri peringatan Hari Buruh sudah mulai dilakukan tanggal 1 Mei tahun 1920.Bahkan Indonesia tercatat sebagai negara Asia pertama yang merayakan 1 Mei sebagai hari buruh. Melalui UU Kerja No. 12 Tahun 1948, pada pasal 15 ayat 2, dinyatakan bahwa “Pada hari 1 Mei buruh dibebaskan dari kewajiban kerja.”

Namun, sejak masa Orde Baru berkuasa, hari Buruh tidak lagi diperingati di Indonesia. Hal ini disebabkan karena gerakan buruh dihubungkan dengan paham komunis yang sejak terjadinya G30S pada 1965 yang ditabukan di Indonesia.

Pada masa itu, peringatan May Day termasuk kategori aktivitas subversif, karena May Day selalu dikonotasikan dengan ideologi komunis. Konotasi ini salah kaprah, karena mayoritas negara-negara di dunia ini (yang sebagian besar menganut ideologi nonkomunis), menetapkan tanggal 1 Mei sebagai Labour Day dan menjadikannya sebagai hari libur nasional.

Semenjak Orde Baru bubar, peringatan May Day mulai hidup kembali, meski belum menjadi hari libur nasional. Penetapan Hari Buruh sebagai hari libur nasional dimulai baru pada 1 Mei 2014 lalu.
Disarikan dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Artikel

Warisan Dunia dengan Kondisi Mengkhawatirkan (2-tamat)

Objek wisata warisan dunia tentu saja menjadi objek wisata favorit. Bagaimana dampak pariwisata pada situs2 bersejarah?

Artikel

Wayne Rooney Kembali Menjadi Pemain Everton?

Rooney menjadi kejutan bagi fans Everton karena tampil dalam pertandingan testimonial salah satu mantan striker Everton, Duncan Ferguson.

Artikel

Penjara Tua Legendaris di Kepulauan Tropis

Masih ingatkah petualangan Jack Sparrow di Tortuga? Bagaimana kisah sesungguhnya tentang Tortuga?

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply