Mei ini, Perang Dunia 2 Berakhir 70 Tahun Lalu

Mei ini, Perang Dunia 2 Berakhir 70 Tahun Lalu

Penandatangan Penyerahan Jerman, di Reims, Perancis, 7 Mei 1945

Penandatangan Penyerahan Jerman, di Reims, Perancis, 7 Mei 1945

Perang membawa kesengsaraan bagi banyak pihak. Kita mengalami dua kali perang dunia, dan semoga tidak akan terulang untuk ketiga kalinya.

Perang dunia kedua seakan menjadi ajang balas dendam bagi pihak Nazi Jerman. Setelah martabat Negara Jerman begitu dipermalukan dalam perjanjian Versailes yang menandai berakhirnya perang dunia I, Nazi dan Hitler menemukan momentumnya di Perang Dunia 2.

Perang Dunia Kedua (biasa disingkat PD2), adalah sebuah perang global yang berlangsung mulai tahun 1939 sampai 1945. Perang ini melibatkan banyak sekali negara di dunia, termasuk semua kekuatan besar yang pada akhirnya membentuk dua aliansi militer yang saling bertentangan: Sekutu dan Poros yang dipimpin Jerman.

Perang ini merupakan perang terluas dalam sejarah yang melibatkan lebih dari 100 juta orang di berbagai pasukan militer.

Perang Dunia 2 dimulai ketika Jerman menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939 serta menolak tuntutan Britania dan Perancis untuk mundur, sehingga kedua negara itu menyatakan perang terhadap Jerman pada tanggal 3 September 1939.

Ditandai oleh sejumlah peristiwa penting yang melibatkan kematian massal warga sipil, termasuk Holocaust dan pemakaian senjata nuklir dalam peperangan, perang ini memakan korban jiwa sebanyak 50 juta sampai 70 juta jiwa.

Hari-hari terakhir Kota Berlin

Hari-hari terakhir Kota Berlin

Ada dua front peperangan utama, ditambah di Afrika. Front peperangan utama ada di Eropa dan front Pasifik. Sejak akhir 1939 hingga awal 1941, dalam serangkaian kampanye dan perjanjian, Jerman membentuk aliansi Poros bersama Italia, menguasai atau menaklukkan sebagian besar benua Eropa.

Pada bulan Desember 1941, Jepang bergabung dengan blok Poros, menyerang Amerika Serikat dan teritori Eropa di Samudra Pasifik, dan dengan cepat menguasai sebagian besar Pasifik Barat. Tujuan Jepang adalah mendominasi Asia Timur.

Perang di Eropa berakhir dengan pendudukan Berlin oleh tentara Soviet dan Polandia dan penyerahan tanpa syarat Jerman pada tanggal 8 Mei 1945.

Sepanjang 1944 dan 1945, Amerika Serikat mengalahkan Angkatan Laut Jepang dan menduduki beberapa pulau di Pasifik Barat, menjatuhkan bom atom di negara itu menjelang invasi ke Kepulauan Jepang.

Uni Soviet kemudian mengikuti melalui negosiasi dengan menyatakan perang terhadap Jepang dan menyerbu Manchuria. Kekaisaran Jepang menyerah pada tanggal 15 Agustus 1945, sehingga mengakhiri perang di Asia dan memperkuat kemenangan total Sekutu atas Poros.

Perjanjian Postdam, Menandai Berakhirnya PD 2

Perjanjian Postdam, Menandai Berakhirnya PD 2

Berakhirnya peperangan, tidak lantas menghentikan perjanjian.Perjanjian yang menandai berakhirnya PD 2 adalah Perjanjian Postdam.

Perjanjian Postdam ini sendiri dihadiri oleh Harry S. Truman (Presiden Amerika Serikat), Josep Stalin (Presiden Uni Soviet), dan Clement Richard Attlee (Perdana Menteri Inggris) pada tanggal 2 Agustus 1945.Keputusan yang dihasilkan adalah sebagai berikut :
1. Jerman dibagi dalam 2 daerah pendudukan yakni bagian timur oleh Uni Soviet, bagian barat oleh Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis.

2. Kota Berlin yang terletak di tengah-tengah daerah pendudukan Uni Soviet, dibagi 2 bagian yakni Berlin Barat (Amerika Serikat, Inggris, Perancis) Berlin Timur (Uni Soviet).

3. Danzig dan daerah Jerman sebelah timur Sungai Oder dan Neisse diserahkan kepada Polandia.

4. Jumlah tentara dan peralatan militer Jerman harus dikurangi.

5. Penjahat perang, yakni tokoh-tokoh NAZI harus dihukum di bawah pengawasan internasional.

6. Jerman harus membayar ganti rugi perang kepada Sekutu.

Disarikan dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Artikel

Aturan Minuman Beralkohol, Belajar dari Inggris

Aturan mengenai minuman beralkohol sempat menjadi isu nasional di Indonesia. Siloka.com mencoba meninjau mengenai aturan minuman beralkohol di Inggris yang secara budaya lebih permisif terhadap minuman beralkohol. Beberapa waktu yang lalu

Tokoh

Wow ! Muda Usia dan Kaya Raya

Memang terdengar di dunia fantasi. Muda, kaya raya…dan mungkin mati masuk surga. Tapi tidak dengan cerita Evan. Usianya masih di bawah 10 tahun, malah tepatnya 9 tahun. Tapi coba tebak

Artikel

Suasana Idul Fitri Zaman ‘Baheula’ di Bandung (1)

Penentuan awal puasa dan lebaran tahun ini semoga tidak menjadi polemik. Daripada mengedepankan perbedaan, mari utamakan persatuan.