Mengangkat Kembali Pamor Kopi Preanger Khas Garut

Mengangkat Kembali Pamor Kopi Preanger Khas Garut

Satu lagi andalan Kabupaten Garut yang terlupakan. Pamornya sempat lenyap, namun kini berbagai upaya coba dihidupkan kembali.

Yang dimaksud adalah kopi preanger asal Garut. Ketika disebut nama kopi preanger, Anda pasti akan bertanya-tanya, kopi apakah itu. Bahkan sebagian besar dari pembaca mungkin baru mendengar nama kopi yang satu ini.Kopi Preanger adalah kopi jenis Arabica yang berasal dari daratan Amerika Latin.

Padahal sejatinya kopi ini adalah jenis kopi yang pernah menyandang nama besar dan tersohor. Namanya pernah melegenda di kalangan para bangsawan dan orang-orang Eropa, terutama orang Belanda yang pernah tinggal atau berkunjung ke Indonesia.

Sayang, kopi ini kalah bersaing dengan kopi-kopi lain di Indonesia. Padahal, kopi preanger atau dikenal juga dengan sebutan kopi priangan adalah salah satu jenis kopi arabika terbaik yang pernah ada.

Di Kabupaten Garut, kopi-kopi ini dihasilkan dari kaki Gunung Guntur, Papandayan, Arjuna, dan Halimun. Hampir seluruh kecamatan di kaki gunung-gunung tersebut menghasilkan kopi berkualitas tinggi.

Kopi ini sangat cocok tumbuh di wilayah pegunungan dengan ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut.

Menurut Natanael Charis, seorang penggila kopi yang berhasil menyabet juara di ajang master kopi di mancanegara kopi Garut sangat spesial. Setelah melakukan riset antara 2008-2014, dirinya menghasilkan kopi yang sungguh berkualitas dan khas.

Riset bertumpu pada pemilihan lahan tanam dan teknik budidaya.  “Setelah banyak melakukan riset, kami baru tahu rumus menanam dan memanen kopi, bahkan sampai waktu petik yang tepat,” papar Charis lagi. Hasilnya, ungkap Charis, harga satu kilogram kopi Garut mentah bisa mencapai US$18/ kilogram. Jika sudah diolah menjadi bentuk bubuk, berkisar di angka US$80/kilogram.

Angka ini, kata Charis, terhitung fantastis untuk kopi tanpa fermentasi dibandingkan kopi varian lain yang termasuk dalam Java Preanger Coffee (binesia.com).

Jadi, kopi Garut adalah salah satu potensi yang mesti dikembangkan terus. Terbukti dalam event-event di mancanegara kopi asal Garut ini berhasil menjuarai dan mengalahkan kopi-kopi lain dari negara kompetitor.

Disarikan dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Budaya

Masjid Dengan Arsitektur Paling Unik dari Berbagai Negara (2)

Masjid menjadi titik sentral aktivitas kaum muslimin. Namun, arsitektur Masjid di berbagai pelosok dunia berbeda dan unik.

Napak Tilas

Kemiripan Candi Sukuh Dengan Piramida Chichen Itza di Mexico

Pernah berkunjung ke Candi Sukuh ? Jika diperhatikan, candi ini tidak seperti candi-candi lainnya, ia bahkan mirip dengan Piramida Itza di Mexico.

Hits

Sejarah Awal Mula Scooter Vespa Piaggio

Sejarah mencatat ketika Enrico Piaggio secara tak sengaja berseru “Sambra Una Vespa” (terlihat seperti Tawon). Inilah cikal bakal penamaan Vespa.