Mengapa Air Zam-Zam Begitu Istimewa ?

Mengapa Air Zam-Zam Begitu Istimewa ?

Bagi umat muslim, air zam-zam begitu berharga. Air ini selain kaya akan sejarah kenabian, ternyata juga sarat khasiat.

Jika menilik sejarah, kehadiran air zam-zam menurut sejarahnya tidak terlepas dari riwayat Nabi Ismail dan Ibunya Siti Hajjar, dan tentu saja Nabi Ibrahim.

Namun, apa sesungguhnya yang terkandung dalam air zam-zam? Hasil penelitian sample air di Eropa dan Saudi Arabia menunjukkan bahwa air zam-zam mengandung zat flourida yang punya daya efektif membunuh kuman, layaknya telah terkandung obat.

Komposisi dan rasa kandungan garamnya selalu stabil, selalu sama dari sejak terbentuknya sumur ini. Hal ini diakui oleh semua jemaah haji dan umrah yang selalu datang tiap tahun; rasanya selalu sama. Air zam-zam juga tak pernah dicampur bahan kimia apapun.

Satu kehebatan lagi, sumur air zam-zam tak pernah ditumbuhi lumut. Padahal, sumur-sumur di seluruh dunia selalu ditumbuhi lumut dan tumbuhan mikroorganisme.

Perbedaan air zam-zam dibandingkan dengan air sumur lain di kota Mekah dan Arab sekitarnya adalah dalam hal kuantitas kalsium dan garam magnesium. Kandungan kedua mineral itu sedikit lebih banyak pada air zam-zam. Itu mungkin sebabnya air zamzam membuat efek menyegarkan bagi jamaah haji atau umrah yang kelelahan.

Kemurnian air zam-zam juga diperkuat dari hasil laboratorium Eropa yang menunjukkan bahwa zam-zam layak dan sehat untuk diminum.

Hingga saat ini, tidak pernah ada komplain mengenai air zam-zam. Dan dengan fakta-fakta yang telah disebutkan diatas, tentunya umat muslim tidak pernah mempunyai keraguan untuk mengonsumsi air zam-zam. Apalagi kalau merujuk pada beberapa hadits mengenai khasiat air yang istimewa ini, tentunya akan menambah kecintaan kita kepada Allah SubhanaLlahu Wa Ta’ala.*

(disarikan dari berbagai sumber).

About author

You might also like

Budaya

Sebelum Mudik, Silakan Baca Tips-Tips-nya dulu

Lebaran tinggal menghitung hari. Salah satu keunikan lebaran di Nusantara adalah budaya mudik ke kampung halaman.

Napak Tilas

Ada Gambar Helikopter dan Kapal Selam Di Situs Ribuan Tahun Ini ?

Sebuah Kuil yang berusia ribuan tahun mengguncang jagat sejarah ? Benarkah peradaban modern pernah mengunjungi peradaban kuna ?

Napak Tilas

Benda-Benda Peninggalan Rasulullah Muhammad Saw

Selain ajarannya, Rasulullah Muhammad Saw banyak meninggalkan jejak fisik yang hingga kini disimpan di berbagai museum.