Mengenal University of Oxford

Mengenal University of Oxford

Siapa yang tidak mengenal University of Oxford. Sebagai salah satu universitas tertua di Dunia, University of Oxford merupakan salah satu universitas kebanggaan masyarakat Inggris. Bersama-sama dengan Cambridge, Oxford dikenal dengan istilah Oxbridge yang merupakan singkatan dari Oxford and Cambridge. Siloka.com akan mengupas hal-hal menarik dari salah satu universitas terbaik di dunia ini.

Terletak di kota Oxford yang berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan bus dari kota London, Oxford menyuguhi kita dengan pemandangan menakjubkan, suasana Inggris di zaman medieval. Jika ingin berkunjung ke kota ini kita tinggal naik bus yang biasa disebut “coach” oleh masyarakat setempat menuju ke kota Oxford. Dengan biaya sekitar 18 GBP atau setara dengan 360 ribu rupiah kita sudah mendapatkan tiket return atau pulang pergi dari bandara Heathrow di London ke kota Oxford. Mengenai jalan-jalan ke Oxford akan dibahas dalam artikel berikutnya, kali ini Siloka ingin mengajak pembaca untuk mengenal sekilas mengenai University of Oxford.

Suasana kota Oxford di jalan Bansbury di daerah City Centre

Suasana kota Oxford di jalan Bansbury, daerah City Centre

Seperti yang kita ketahui, sebagai universitas yang sudah berdiri cukup lama, Oxford memiliki tradisi-tradisi yang cukup unik dan dipertahankan hingga saat ini. Salah satunya adalah sistem Collegiate, dimana mahasiswa akan belajar di College-college yang ada di Oxford. System college ini cukup unik, karena college menjadi semacam sentral kehidupan mahasiswa di Oxford. Penentuan college ini juga cukup unik, karena bukan mahasiswa yang memilih college yang akan ia masuki, melainkan college yang akan memilih mahasiswa yang telah diterima secara resmi oleh universitas.

Meskipun demikian, dalam pendaftaran biasanya kita akan ditanyakan mengenai preferensi college mana yang diharapkan. Namun keputusan akhir akan tetap di college dan universitas. Biasanya mahasiswa memilih berdasarkan college yang memiliki club olahraga terbaik yang menjadi hobby nya seperti rowing, cricket dan lainnya, atau juga berdasarkan lokasi college terhadap departementnya atau bahkan berdasarkan dosen pembimbing atau supervisornya untuk mahasiswa pasca sarjana.

College juga menyediakan tempat tinggal bagi mahasiswa Oxford, sekaligus tempat diselenggarakannya matakuliah umum atau dasar. Jadi meskipun kita terdaftar pada program studi yang sama, namun jika berada pada college yang berbeda maka untuk beberapa mata kuliah dasar akan berada di kelas yang berbeda. Analogi sederhananya adalah seperti sekolah Hogwart dalam cerita Harry Potter yang kebetulan mengambil setting Hogwart adalah di Oxford.  Dalam kisah Harry Potter, setiap siswa di Hogwart akan tergabung dalam asrama-asrama seperti Gryfindor, Slytherin, Hufflepuff dan Ravenclaw. Namun, alih-alih hanya empat asrama seperti di Hogwart, Oxford memiliki lebih dari 35 college yang terus bertambah hingga saat ini.

 

Ingin tau lebih lanjut mengenai Oxford? tetap ikuti siloka.com …

Comments

About author

You might also like

Hits

Death Mask Dari Tujuh Orang Terkenal (Bagian I)

Kehidupan setelah kematian memang selalu akan menjadi, dikarenakan tidak pernah ada satu orangpun yang pernah kembali dan menceritrakan bagaimana gambaran kehidupan setelah kematian. di budaya barat ada beberapa kebiasaan bagi orang

Artikel

Di Bawah Pohon Ini, Tercetuslah Pancasila

Proses melahirkan ide atau gagasan terkadang aneh, tak jarang unik. Ia bisa saja muncul di sembarang tempat.

Tokoh

Perempuan Amerika Ini Menyelamatkan Nyawa Presiden Soekarno

Selama menjabat sebagai Presiden, percobaan kudeta, pembunuhan berulangkali dilakukan kepada Soekarno, bahkan pada masa awal jabatannya.