Museum Tubuh Jatim Park, The Bagong Adventure.

Museum Tubuh Jatim Park, The Bagong Adventure.

Museum anatomi tubuh manusia ini berlokasi di Jatim Park 1, Kota Wisata Batu – Jawa Timur.

Museum ini adalah museum anatomi tubuh manusia pertama di Indonesia, dan juga museum terbesar di Asia. Dengan bangunan berbentuk karakter pewayangan “Bagong”, maka Museum Tubuh ini dikenal dengan “The Bagong Adventure”.

Memasuki pintu masuk Museum Tubuh berbentuk mulut Bagong, kita akan langsung dipandu oleh seorang guide yang akan membimbing dan menerangkan pada kita mengenai zona-zona yang akan kita lewati. Guide ini diambil secara khusus dari akademi keperawatan, sehingga mereka dapat memberikan jawaban yang sesuai dari setiap pertanyaan kita.

Dalam wisata edukasi ini, kita disuguhi segala informasi tentang tubuh manusia yang penuh dengan rahasia. Terdiri dari 13 zona yang dilengkapi dengan fasilitas multimedia modern. Zona gigi, telinga, hidung, otak, mata, pembuluh darah, jantung, paru-paru, hati, lambung, usus, ginjal dan tulang.

Di setiap zona terdapat relief dari masing-masing organ yang akan dijelaskan. Misalnya pada zona otak, di tengah-tengah ruangan terdapat relief otak raksasa dengan ukuran lebih besar dari tubuh pengunjung, begitu juga pada zona lainnya. Sehingga relief tersebut memudahkan kita dalam menerima penyampaian informasi yang diberikan oleh pihak Museum.

Relief organ tubuh di Museum Tubuh, Jatim Park.

Relief organ tubuh di Museum Tubuh, Jatim Park.

Selain zona anatomi, ada juga zona interaktif yang berisikan peralatan dokter gigi, simulasi pilek, mimisan bahkan sendawa.

Zona berikutnya adalah zona kesehatan, dimana kita dapat memeriksa kondisi kesehatan tubuh kita secara gratis. Periksa mata, gula darah, kolesterol, golongan darah, osteoporosis bahkan cek kandungan lemak dalam tubuh.

Museum Tubuh ini dibuka setiap hari dari pukul 08:30 hingga 16:30 WIB.
Selain berekreasi dan menikmati karya-karya seni yang ditampilkan,  dengan harga tiket Rp. 40.000 (weekday) dan Rp. 60.000 (weekend), setidaknya kita dapat lebih memahami anatomi dan menyayangi organ-organ tubuh kita. Dengan mengetahui gambaran dasar mengenai proses-proses yang terjadi didalam tubuh, maka kita dapat lebih mudah untuk menjaga setiap organ agar dapat berfungsi secara efektif. Serta melakukan tindakan prefentif agar tidak terjangkit suatu penyakit.

kontributor : @kartika1703

About author

You might also like

Artikel

Revitalisasi Situs Penjara Banceuy

Mulanya terkesan kumuh, kotor dan tak terawat. Namun, kesan ini seolah hilang. Bahkan patung Bung Karno telah melengkapi situs ini.

Gaya Hidup 0 Comments

Definisi Cantik Menurut Budaya (2)

  Sementara bagi bangsa Cina kuno, mereka mempunyai mitos bahwa perempuan yang cantik adalah perempuan yang memiliki kaki mungil atau yang dikenal dengan kaki seroja (lotus feet).   Karena itu,

Gaya Hidup 0 Comments

Samsung Galaxy Note Edge Memudahkan Semuanya

  Mengetik atau Menulis ? Pertanyaan itu terlintas dibenak saya. Mana yang lebih mudah, dan tentu saja lebih cepat? Dalam beberapa literatur yang pernah saya baca, mengetik dengan sistem qwerty

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply