Nama Soekarno Di Abadikan di Negara-Negara Ini (1)

Nama Soekarno Di Abadikan di Negara-Negara Ini (1)

Gaung Soekarno ternyata tidak saja menggema di tanah air. Imbasnya terasa di mancanegara dan jejaknya ada hingga kini.

Memang, kalau kita amati, perjuangan Soekarno atau Bung Karno, bapak bangsa kita tidak melulu di tanah air. Ia menggelorakan semangat kemerdekaan kepada negara-negara yang masih terjajah di seluruh dunia. Khususnya di kawasan Asia dan Afrika.

Oleh karena itu, sepak terjang Soekarno menjadi mendunia. Ia berinisiatif membuat blok baru di tengah perseteruan blok Barat yang diwakili Amerika dan blok Timur yang diwakili negara komunis, Uni Sovyet. Blok baru tersebut adalah Non Blok, di mana Soekarno menjadi salah seorang pencetusnya.

Karena jasa-jasanya, Nama Soekarno harum di mancanegara. Beberapa negara bahkan memakai Soekarno untuk nama jalan, mengabadikannya di perangko, dan yang lainnya. Berikut beberapa negara yang mengabadikan nama Sukarno :

1. Rusia

Di negeri komunis Uni Soviet atau Rusia ini, nama Soekarno sangat dikenal. Bukan hanya dianggap sebagai teman dalam Perang Dingin melawan poros Barat, namun juga sebagai presiden muslim yang memberikan “berkah” sebagian muslim di negeri palu arit.

Semua berawal ketika sang presiden pada tahun 1955 silam, berkunjung ke kota terbesar kedua di Russia ini. Kala itu, Soekarno sedang menikmati indahnya kota St. Petersburg yang didirikan oleh Peter the Great pada abad 17. Dari dalam mobil itu, Soekarno sekelebatan melihat sebuah bangunan yang unik dan tidak ada duanya, yang kelak diketahuinya sebagai Mesjid yang telah dijadikan sebuah gudang senjata.

Setelah dua hari menikmati keindahan kota St. Petersburg yang saat itu masih bernama Leningrad, Soekarno terbang ke Moskow untuk melakukan pembicaraan tingkat tinggi guna membahas masa depan kerja sama bilateral dan berbagai posisi kunci dalam Perang Dingin yang terus memuncak.

Dalam pertemuan itulah Soekarno melontarkan kekecewaannya pada penguasa tirai besi Soviet Nikita Kruschev, perihal mesjid indah yang dilihatnya. Seminggu setelah kunjungan usai. Sebuah kabar gembira datang dari pusat kekuasaan, Kremlin di Moskow. Seorang petinggi pemerintah setempat mengabarkan bahwa satu-satunya masjid di Leningrad yang telah menjadi gudang pasca revolusi Bolshevic tersebut bisa dibuka lagi untuk beribadah umat Islam, tanpa persyaratan apapun.

Sang penyampai pesan juga tidak memberikan alasan secuilpun mengapa itu semua bisa terjadi. Tetapi, umat muslim hingga saat ini sangat berterima kasih dan meyakini bahwa Soekarno orang dibalik semua ini. Maka tak heran jika muslim di St. Petersburg menjuluki mesjid ini dengan Mesjid Biru Sukarno (…bersambung).

disarikan dari beragam sumber.

 

About author

You might also like

Napak Tilas

Kilometer Nol, Awal Mula Kota Bandung

Menelusuri sejarah Kota Kembang Bandung, tak lengkap jika tidak membahas titik nol KM kota ini. Di manakah ia berada, dan bagaimana sejarahnya ? Penanda titik nol Bandung mungkin terlihat tidak

Artikel

Benarkah Tongkat Bung Karno Mengandung Kesaktian ?

Banyak mitos yang dilekatkan dengan sosok Bung Karno. Salah satu mitos yang masih menjadi misteri adalah kesaktian tongkat beliau.

Jalan-Jalan 1Comments

6 Perairan Jernih di Dunia.

6 Destinasi wisata air yang memikat hati dengan kebersihan dan kejernihan airnya. Hampir mustahil rasanya di zaman sekarang ini untuk melihat perairan yang bersih dengan air yang jernih. Maraknya industri