Nama Soekarno di Abadikan Di Negara-Negara Ini (2)

Nama Soekarno di Abadikan Di Negara-Negara Ini (2)

Gaung Soekarno ternyata tidak saja menggema di tanah air. Imbasnya terasa di mancanegara dan jejaknya ada hingga kini.

Karena jasa-jasanya, Nama Soekarno harum di mancanegara. Beberapa negara bahkan memakai Soekarno untuk nama jalan, mengabadikannya di perangko, dan yang lainnya. Berikut beberapa negara yang mengabadikan nama Soekarno :

2. Mesir

Hubungan Mesir dan Indonesia lebih erat ketika Mesir dipimpin Gammal Abdul Nasser. Untuk diketahui, Presiden Indonesia pertama dikenal di Mesir dengan nama Ahmad Soekarno.

Dari mana nama Ahmad berasal ? Penambahan nama Ahmad dilakukan oleh para mahasiswa Indonesia di Mesir untuk memperkuat nuansa keislaman sehingga menarik perhatian masyarakat Mesir bahwa Presiden Indonesia beragama Islam, seragam dengan nama Wakil Presiden yang diawali nama Mohammad, lengkapnya Mohammad Hatta. Keduanya (Ahmad dan Muhammad) merupakan nama-nama Islami.

Tercatat, enam kali Soekarno menggunjungi negeri ini.Selain itu, persahabatannya dengan Nasser dan aktifitas keduanya sebagai pemrakarsa di Konferensi Asia-Afrika, membuat nama Presiden Soekarno begitu harum di mata pemerintah dan rakyat Mesir, sehingga namanya diabadikan sebagai nama jalan di Mesir. Letaknya bersebelahan dengan Jalan Sudan, Daerah Kit-Kat Agouza Geiza. Jalan ini bisa dicapai dari kawasan mahasiswa di al-Hay al-Asyir (Sektor 10) Madinat al-Nashr (Nasr City) dengan menaiki bus hijau nomor 109 dan 167.

3. Maroko

Di Maroko juga terdapat nama-nama jalan berbau Indonesia. Tak tanggung-tanggung nama presiden pertama Indonesia, Soekarno, ‘dicatut’ menjadi nama jalan di Ibokota Maroko, Rabat. Rupa-rupanya Maroko terkesan dengan sosok Soekarno. Nama jalan tersebut diresmikan sendiri oleh Bung Karno bersama Raja Muhammad V saat kunjungan beliau ke Maroko pada 2 Mei 1960. Nama jalannya waktu itu: ‘sharia Al-Rais Ahmed Sukarno’ yang sekarang terkenal dengan nama Rue Suokarno. Jalan ini berdekatan dengan kantor pos pusat Maroko.

Pemilihan nama Soekarno, karena Soekarno adalah pencetus Konferensi Asia Afrika (KAA) pada tahun 1955. Nama tersebut dipilih sebagai penghargaan terhadap Presiden Soekarno. Seperti diketahui, hasil KAA saat ini mulai dirasakan oleh negara-negara peserta, termasuk Maroko sendiri. Sebagai bentuk persahabatan dua bangsa, di Jakarta pun kita temui ruas jalan dengan nama Jalan Casablanca (…bersambung).

disarikan dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Artikel 0 Comments

Badak dengan Pengawalan oleh Pasukan Khusus Bersenjata.

Di Kenya, seekor badak bernama Sudan selalu dikawal oleh pasukan pengamanan khusus bersenjata lengkap kemanapun ia pergi, selayaknya seorang Presiden. Sudan adalah seekor badak putih utara  atau Northern White Rhino, dengan nama

Budaya

Sebelum Mudik, Silakan Baca Tips-Tips-nya dulu

Lebaran tinggal menghitung hari. Salah satu keunikan lebaran di Nusantara adalah budaya mudik ke kampung halaman.

Budaya

Tradisi Potong Jari, Ungkapan Berkabung Bagi Suku Ini

Nusantara dikenal karena keragaman tradisi dan budayanya. Ada tradisi nan unik meski dibilang tak lazim, yakni potong jari.