Ohen, Batu Hijau Garut Menyaingi Bacan Doko

Ohen, Batu Hijau Garut Menyaingi Bacan Doko

Meski demam batu akik disinyalir memudar,  batu akik Garut tetaplah memesona dan bersaing. Batu akik Garut memang beragam.

Kabupaten Garut sudah dikenal masyarakat terutama di kalangan pencinta batu akik, sebagai salah satu daerah di Indonesia yang banyak menghasilkan batu berkualitas seperti batu akik edong pancawarna, hijau garut (ohen) atau batu jenis lain yang selama ini menjadi buruan para kolektor.

Sejak puluhan tahun silam penggalian dilakukan guna mendapatkan batu berkualitas. Salah satu batu asal Garut yang paling diburu saat ini adalah Hijau Garut atau dikenal dengan sebutan Ohen. Penambangan batu ini juga tersebar di wilayah Kecamatan Caringin, Kabupaten, Garut.

Di kawasan Caringin, Hijau Garut atau Ohen memiliki nama tersendiri. Warga sekitar kerap menyebutnya dengan batu gandawesi. Batu Hijau Ohen Garut mampu menandingi kualitas dari Batu Bacan yang lebih dahulu tersohor.

Jenis batu ini sudah sangat jarang ditemui bahkan di daerah asalnya sendiri di desa Bangbulang Garut. Lantaran memiliki warna hijau yang khas dan sudah mulai langka makanya harga batu akik Hijau Garut Ohen dipasaran laku dengan harga jual yang tinggi bahkan untuk kualitas super harganya bisa mengalahkan Bacan Doko.

Lalu siapakah penemu batu hijau Garut ini? Adalah Abah Ohen yang pertamakali menemukan batu akik berwarna hijau menyala ini, batu ini pertama kali ditemukan Abah Ohen diarea Persawahan miliknya pada saat sedang mengairi sawah.

Mulanya,  Abah Ohen tidak menyangka bahwa batu yang berwarna hijau temuannya tersebut akan memiliki harga jual yang mahal, Mang Ohen kemudian membawa bongkahan batu berwarna hijau tersebut kerumah dan menyimpannya, hingga pada suatu hari ada kolektor batu akik dari kota Bogor yang membeli batu berwarna hijau tersebut dengan harga 1,5 juta. Nominal tersebut di masa 70-an sangat fantastis untuk sebuah bongkahan batu.

Berawal dari sinilah kemudian warga Garut khususnya daerah desa Cipeundeuy kecamatan Bungbulang mulai menjadi penambang batu akik dan masyarakat Garut mengenal batu ini dengan nama Batu Akik Hijau Ohen. Dinamai demikian karena pertama kali ditemukan oleh Abah Ohen seperti halnya Batu Panca Warna Edong yang ditemukan oleh Abah Edong.

disarikan dari beragam sumber.

 

Comments

About author

You might also like

Artikel

Trend Batu Akik Dalam Negeri Meredup, Di Luar Negeri Terang Benderang

Musim batu akik di dalam negeri agaknya meredup, demamnya muali menurun akhir-akhir ini, tapi hal ini tidak terjadi di luar negeri.

Gaya Hidup

Kaki Sapi Kang Herry, Nendang Di Siang Bolong

Jika keseharian anda disibukan di daerah pasar baru, Pagarsih dan Kalipah apo, alangkah baiknya anda menyimpang di gerobak mie kocok Kang Herry. Meski lokasi tempat makan ini dipinggiran jalan, jangan

Gaya Hidup

Coretan di Bak Truk : Antara Rindu, Unik dan Lucu

Bagaimana perasaan Anda, jika di perjalanan kendaraan Anda berada di belakang Truk ? Saya yakin, jawabannya pasti beragam. Terkadang kita jengkel, jika posisi kendaraan kita di belakang truk. Apalagi di