Onani, Dari Zaman Mesir Purba Hingga Abad 21

Onani, Dari Zaman Mesir Purba Hingga Abad 21

Lukisan Praktek Onani Pada Zaman Yunani Kuno

Lukisan Praktek Onani Pada Zaman Yunani Kuno

 

Jika ada perbuatan yang dilakukan banyak orang, namun tidak banyak diakui, maka onani salah satunya.

Istilah Onani sendiri memunculkan perdebatan, sebagian orang menganggap “Onani” adalah istilah dari bangsa Jepang untuk pengeluaran sperma secara paksa dengan menggunakan tangan. Sementara, ada riwayat lain yang menyebutkan darimana istilah ini berasal.

Dalam Kitab Kejadian (Genesis) yang merupakan buku pertama kitab Taurat Musa dan menjadi Perjanjian Lama (Tanakh), dijelaskan bahwa tokoh Onan, anak dari Yehuda disuruh ayahnya untuk menikahi janda almarhum kakaknya. Ia keberatan karena kelahiran anak itu akan dianggap sebagai keturunan kakaknya. Maka setiap kali berhubungan badan, Onan menumpahkan spermanya di luar, ia berharap dengan cara itu janda almarhum kakaknya tak akan memiliki anak darinya. Namun Tuhan murka dan Onan mati.

Nama lain yang lebih ilmiah untuk onani ini adalah masturbasi. Istilah masturbasi dipinjam dari bahasa Inggris, masturbation. Ada dua versi etimologi untuk kata ini. Yang pertama adalah dari kata bahasa Yunani, mezea (μεζεα, bentuk jamak untuk penis) atau dari gabungan kata bahasa Latin, manus (tangan) dan turbare (mengganggu). Versi lainnya adalah gabungan dari kata Latin manus (tangan) dan stuprare(mempermainkan), sehingga berarti “mempermainkan penis dengan tangan”.

Onani Menjadi Ritual di Zaman Mesir Purba

Onani Menjadi Ritual di Zaman Mesir Purba

Kegiatan onani bisa dilacak sejarahnya hingga zaman Mesir Purba. Onani atau masturbasi pada zaman dahulu (seperti pada zaman mesir kuno), masturbasi diartikan sebagai suatu ritual agama untuk beribadah kepada para Dewa Matahari.

Cerita Onani juga bisa dilacak dalam kebudayaan Yunani Kuno. Seorang wanita Yunani bernama Metro, memiliki teman wanita bernama Coritto. Mereka adalah dua sahabat yang saling mendukung satu sama lain. Di suatu hari Metro bermaksud meminjam dildo, sebuah alat berbentuk alat kelamin laki-laki milik sahabatnya itu. Namun sayang, Coritto telah meminjamkannya pada orang lain. Metro begitu terobsesinya pada dildo, ia menanyakan pada sahabatnya di mana alat itu dibuat dan ia terinspirasi untuk membuatnya sendiri. Kemudian ia mendatangi ahli pembuat dildo dan minta dibuatkan yang sama seperti Coritto.

Sex Toys Zaman Purba

Sex Toys Zaman Purba

Masyarakat Yunani kuno mengenal legenda itu yang ditukilkan dalam karya seni serta buah tangan tulisan. Di dalam cerita Mesopotamia, Dewa Enki dari Mesopotamia melakukan masturbasi dan mengalirkannya melalui Sungai Tigris.

Seiring perubahan waktu, kegiatan onani dianggap sebagai perbuatan tabu dan merusak moral. Belum lagi pandangan agama yang menganggap onani sebagai kegiatan seksual menyimpang. Namun demikian, onani merupakan aktivitas seksual yang sangat dekat dengan sebagian besar masyarakat, terutama dalam kehidupan remaja dewasa ini, dan onani dianggap sebagai pemicu rusaknya mental generasi muda kita. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa onani sudah menjadi “budaya”, artinya hampir semua orang sudah bisa dipastikan melakukannya atau pernah melakukannya.

Bahkan kini, di Jepang ada jasa bantu onani untuk orang-orang cacat, “whitehands” baru-baru ini menjadi topik yang panas di jepang. Jasa ini ditujukan untuk pelepasan seksual bagi penderita paralisis dan gangguan otot yang tidak dapat bermasturbasi secara normal. Orang cacat, seperti juga orang normal membutuhkan pelepasan seksual. Nah, jasa ini diadakan demi untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Disarikan Dari Berbagai Sumber

Comments

About author

You might also like

Tokoh

Anak Whitney Houston Meninggal Dunia

Putri Whitney Houston, Bobbi Kristina Brown meninggal dunia pada hari Minggu, 26 Juli 2015, pada usia 22 tahun.

Artikel

Kecap Blitar Nomor Satu Di Dunia (1)

Tulisan ini merupakan tulisan wartawan senior Susanto Pudjomartono yang pernah dimuat di Majalah Gatra, 9 Juni 2001

Tokoh 1Comments

Batu Akik : Dari Soekarno, Mandela Hingga Obama

  Demam batu akik tidak pernah mengenal kelas. Ia tidak kenal pejabat, pemimpin negara atau rakyat jelata. Bahkan dalam banyak hal, masyarakat awam seringkali melihat pejabat atau pemimpin negara sebagai

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply