Pemuda Koesno di Bandung (1)

Pemuda Koesno di Bandung (1)

“Pemuda Kusno.” Siapakah Ia ? Tentu tidak banyak yang tahu jika memakai sebutan ini. Sebab, sebutan ini adalah panggilan di masa kecilnya. Namun, kalau kita memakai nama Soekarno atau lebih akrab dengan Bung Karno tak ayal, siapapun di tanah air ini pasti mengenalnya.

Meski kita lebih mengenal nama Soekarno atau Bung Karno, “Kusno” pun tetap dipakai sebagai panggilan mesra isterinya –Inggit-terhadap Soekarno. Pemuda Kusno, sebelum menjelma menjadi salah seorang tokoh terdepan dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia, adalah salah seorang mahasiswa di Bandung. Di kota inilah, Ia mematangkan intelektual dan rasa nasionalismenya. Dan di kota inilah juga, Ia menemukan Inggit Garnasih –isteri sekaligus rekan perjuangan- yang memberikan dukungan tak henti-hentinya bagi perjuangan suaminya.

Pada 1921, Pemuda Kusno menjadi mahasiswa di THS, Tehnische Hoge School (Sekolah Tinggi Teknik) Bandung setelah tamat dari sekolah menengah atas HBS, Hogere Burgere School, di Surabaya. THS atau Sekolah Tinggi Teknik ini dikemudian hari dikenal dengan nama ITB –Institut Teknologi Bandung- Salah satu Perguruan Tinggi paling prestisius di tanah air hingga kini. Begitu menginjakkan kaki pertama kalinya di Bandung, Pemuda Kusno sendiri sudah kepincut. “Antara Bandung dengan saya terjadilah cinta pada pandangan pertama” ujarnya (Anwar, Rosihan dikutip dari karya Lambert Giebel “Sukarno Nederlandesch onderdaan –Een biografie 1901-1950).

Akhmad Faizal Reza

Comments

About author

You might also like

Napak Tilas

Kesaksian Seorang Ajudan, “Lalat pun Tak Dibunuhnya”

Cerita ini diambil dari buku “Sewindu Dekat Bung Karno” cerita seorang ajudan yang menemani keseharian Bung Karno.

Artikel 0 Comments

Si Pitung, Robinhood Betawi Yang Kebal Peluru

Cerita Robinhood tidak melulu milik rakyat Inggris. Kita pun, di Indonesia pernah memiliki Robinhood, yakni Robinhood Betawi alias Si Pitung. Si Pitung sudah menjadi cerita rakyat dan Legenda Betawi. Tokoh

Hits

Ilmuwan Peraih Nobel “A Beautiful Mind” Wafat dalam Kecelakaan

Masih ingat dengan film “A Beautiful Mind” yang diperankan aktor Russel Crowe?

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply