Penikmat Kopi ? Inilah Jenis-Jenis Kopi Terbaik Indonesia (Bagian-1)

Penikmat Kopi ? Inilah Jenis-Jenis Kopi Terbaik Indonesia (Bagian-1)

Ngopi sekarang ini seakan menjadi gaya hidup. Bertumbuhanlah warung-warung kopi dari yang tradisional hingga modern.

Bukan lagi sekadar minuman, kopi telah menjadi pemersatu bagi para penikmatnya, kawan dalam berkarya, bahkan menjadi hobi dan obsesi bagi sebagian orang.

Tempat ngopi terkadang menentukan gengsi. Satu hal yang sering dilupakan, sebagian besar jenis-jenis kopi yang bertebaran di cafe-cafe dunia yang mentereng justru datang dari tanah air kita. Ya, dari Indonesia. Dan ini patut membuat kita bangga.

Faktanya memang demikian. Indonesia merupakan negara yang penting bagi dunia produksi dan penikmat kopi. Indonesia menempati peringkat keempat terbesar dalam besaran hasil produksi kopi. Bahkan, para penyuka kopi mancanegara juga senang mencari kopi asal Indonesia untuk dinikmati. Berikut kopi-kopi Indonesia yang populer hingga ke mancangera :

  1. Kopi Gayo, Aceh.

Jenis kopi yang satu ini berasal dari Dataran Tinggi Gayo, Aceh dan merupakan salah satu jenis kopi yang paling banyak beredar di seluruh dunia. Konon, perkebunan kopi di Gayo sudah ada sejak tahun 1924 dan terus meningkat produksi hingga distribusinya ke Amerika Serikat dan berbagai negara Eropa. Dari segi cita rasa, kopi Gayo cocok untuk mereka yang gemar kopi pahit dengan keasaman yang rendah. Selain itu, aroma yang khas, gruih, dan tajam menjadi daya tarik tersendiri dari kopi jenis ini.

2.  Kopi Kintamani, Bali.

Rasanya lebih manis dari kopi lain di Indonesia, dengan sentuhan rasa jeruk dan kacang-kacangan. Bitterness-nya (rasa pahit) juga kuat seperti cita rasa yang ditemukan pada espresso.

3. Kopi Luwak

Kopi satu ini mentereng namanya. Kopi ini terkenal karena proses produksinya yang unik. Kopi Luwak berasal dari biji kopi yang telah dicerna oleh luwak (hewan sejenis musang) dan dikeluarkan lagi melalui kotorannya. Luwak sendiri memiliki insting khusus untuk hanya memakan biji kopi yang benar-benar matang dengan kualitas dan nutrisi yang terbaik.

Setelah melalui proses fermentasi dalam tubuh luwak, biji kopi pun menghasilkan enzim-enzim yang menyumbang rasa unik pada kopi ini. Biji kopi dari kotoran luwak ini kemudian diolah lagi oleh manusia dan dipilih kembali secara manual. Karena itulah kualitas kopi luwak sangat terjamin. Harganya pun tidak main-main, 1 kg Kopi Luwak bisa dijual seharga 1 juta rupiah!

disarikan dari beragam sumber.

About author

You might also like

Lingkungan 0 Comments

Magnet Itu Bernama Garut, Swiss van Java

Membincangkan Garut seakan tak pernah habis. Garut memang sudah menjadi tujuan pelancong sejak zaman “baheula.” Iklimnya yang sejuk, suasananya yang asri, pemandangannya yang elok serta seni tradisinya yang kuat membuat

Gaya Hidup 0 Comments

Ray Sahetapy Dipastikan Bermain Di Captain America III

Setelah Iko Uwais, Joe Taslim dan Yayan Ruhyan, kini giliran Ray Sahetapy yang akan ikut tampil di Hollywood. Ray Sahetapi memastikan dirinya akan tampil di Captain America : Civil War. Ray

Makanan

Nyotaimori – Sushi Diatas gadis Telanjang

nyotaimori merupakan cara memakan sushi yang unik, sehingga memberikan sensasi pengalaman visual dengan disajikan diatas seorang gadis