Penjara Tua Legendaris di Kepulauan Tropis

Penjara Tua Legendaris di Kepulauan Tropis

Masih ingat petualangan Kapten Jack Sparrow di film “Pirates of the Caribbean”? Bagi penggemar Pirates of The Caribbean, tentu masih ingat dengan sebuah pulau bernama Tortuga.

Pada sequel pertama film Pirates of the Caribbean, “The Curse of the BlackPearl”, Jack Sparrow dan para awaknya mencari sebuah pulau bernama Tortuga. Tortuga adalah sebuah pulau yang sangat berbahaya berisikan para penjahat, pencuri, prostitusi dan tentu saja gudang minuman keras. Namun hal-hal tersebut menjadikan Tortuga sebagai surga bagi para bajak laut.

Ternyata, Tortuga memang benar-benar ada dan merupakan salah satu pulau di kepulauan Karibia, lengkap dengan kisah bajak lautnya. Di Tortuga terdapat sebuah benteng pertahanan Spanyol era 1800-an, yang didalamnya juga terdapat penjara berusia lebih tua dari Alcatraz.

Penjara-tropis-tortuga-1

Dry Tortuga, kepulauan kecil berjarak 115 km dari pantai Key West. Daratan ini dibeli oleh Amerika Serikat dari Spanyol pada awal tahun 1800.
Area ini merupakan salah satu taman nasional terkecil yang melindungi terumbu karang, pulau, ekosistem pulau dan juga bangkai kapal-kapal bersejarah.

 

Benteng Jefferson, dibangun sebagai strategi pertahanan militer untuk melawan para pembajak di Karibia.
Pembangunan benteng ini tidak dapat diselesaikan karena adanya gangguan akibat perang sipil dan juga keterbatasan persediaan. Pada tahun 1935, Franklin D. Roosevelt mendeklarasikan Benteng Jefferson sebagai monumen nasional. Pada tahun 1992, benteng Jefferson menjadi bagian dari Dry Tortuga National Park

 

Penjara-tropis-tortuga-3

Penghuni benteng Jefferson yang paling terkenal adalah Dr. Samuel Mudd, yang secara diam-diam turut terlibat dalam pembunuhan presiden Abraham Lincoln. John Wilkes Booth, sang pembunuh mengalami patah kaki dan meminta bantuan pada Samuel, lalu menetap dirumah Samuel untuk beberapa hari.

 

Penjara-tropis-tortuga-4

Dr. Samuel Mudd akhirnya ditangkap karena konspirasi dan menyembunyikan John Wilkes Booth. Samuel Mudd dinyatakan bersalah dan dijatuhin hukuman seumur hidup di benteng Jefferson. Namun akhirnya Mudd diberi pengampunan oleh presiden Andrew Johnson.

 

Penjara-tropis-tortuga-5

Fotografer Steve Rich mengambil gambar benteng Jefferson dari pesawat pribadi.
“Akses menuju pulau ini hanya bisa dijangkau oleh pesawat atau perahu,” ungkap Steve Rich. “kita dapat melihat hiu, ikan pari, dan bangkai-bangkai kapal”. Selain itu, di Dry Tortuga juga kita dapat menjumpai 300 spesies burung, 30 spesies terumbu karang, hiu perawat dan terkadang juga buaya.

Comments

About author

You might also like

Hits

Abah Edong, Pancawarna dan Garut

Gaung batu akik tidak begitu kuat lagi, namun kini Garut dikenal sebagai penghasil batu akik berkualitas, salah satunya pancawarna. 

Artikel

Efek Bisikan di Kuping Kanan Ketika Bayi Tidur

Intonasi suara dan sentuhan orang tua dapat membantu anak dalam membangun sistem kendali emosi.

Napak Tilas

“Cintamu yang Selalu Menjiwai Rakyat.Cinta Fat”

Saat Bung Karno meninggal, pada 21 Juni 1970, Fatmawati tidak hadir. Ia hanya mengirimkan karangan bunga dan tulisan itu.