Perintah Pertama Bung Karno Ketika Jadi Presiden

Perintah Pertama Bung Karno Ketika Jadi Presiden

Negara baru saja merdeka. Presiden dan Wakil Presiden baru saja terpilih, suasana masih genting, namun Bung Karno berhasil mencairkannya.

Banyak memori dan kenangan yang ditinggalkan Bung Karno pada tanah air dan bangsanya. Beberapa di antaranya terkadang lucu, unik dan membuat kita tak percaya. Namun, cerita ini memang benar adanya dan menampilkan sisi lain dari sosok Bung Karno, yakni sisi humanis-nya.  Penulis mendapatkannya dari Seri Buku Tempo : Bapak Bangsa.

Sate Ayam Lima Puluh Tusuk !

Apa perintah pertama Bung Karno setelah terpilih sebagai Presiden RI pertama ? Ketika pulang dari Jalan Pegangsaan Timur 56 menuju rumah, di tengah jalan Ia bertemu tukang sate. Paduka Yang Mulia Presiden Republik Indonesia itu memanggil penjajanya, yang tak berbaju, dan mengeluarkan perintah pertama, “Sate ayam lima puluh tusuk.” Setelah itu, Bung Karno jongkok dekat selokan, menyantap sate dengan lahap.

Mirip Charlie Chaplin

Ada lagi cerita lucu ketika Bung Karno masih muda. Sewaktu mudanya, bintang film idola Bung Karno adalah Norman Kerry. Begitu gandrungnya Bung Karno pada bintang Hollywood tahun 1920-an ini, sampai-sampai ia berusaha meniru penampilan Kerry semirip mungkin, termasuk memelihara kumis tipis melintang yang ujungnya melengkung ke atas. Model ini digandrungi remaja pria saat itu.

Tapi sayangnya kumis Bung Karno tak bisa melengkung, dan komentar Inggit Garnasih, Istrinya, menyebabkannya menghentikan usaha meniru aktor pujaan kaum muda kala itu. Menurut Inggit, “Kumis Bung Karno lebih mirip kumis Charlie Chaplin dibanding Norman Kerry.”

Itulah sekelumit kelucuan dan keunikan kisah hidup Bung Karno, bapak bangsa yang sudah banyak menggoreskan tinta emas untuk perjalanan bangsa kita.

Disarikan dari beragam sumber.

About author

You might also like

Ali Sadikin Sang Gubernur “Koppig” (2)

Sebelum menjabat Gubernur, Lelaki kelahiran Sumedang 7 Juli 1927 ini adalah adalah seorang letnan jenderal KKO-AL (Korps Komando Angkatan Laut). Ia pernah menjabat sebagai Deputi Kepala Staf Angkatan Laut, Menteri

Artikel

Daftar Negara Dengan Tingkat Kepuasan Seksual Tertinggi

Seberapa puaskah kehidupan seksual Anda dengan pasangan ? Nah, ternyata puas atau tidaknya kehidupan seksual Anda tidak lagi diukur per individu, melainkan sampai tingkat negara. Belakangan muncul-lah sebuah survey, negara

Hits

Ternyata, “The Proclamator” Turut Menginspirasi Rakyat Malaysia

Perubahan tidak pernah lepas dari kalangan muda. Daya imajinasi, kreasi, dan inovasi senantiasa melekat pada karakter generasi muda