PNS Dan Pejabat di 2 Daerah Ini Wajib Memakai Batu Akik

PNS Dan Pejabat di 2 Daerah Ini Wajib Memakai Batu Akik

Setelah Sumsel melalui Gubernurnya, Alex Nurdin mewajibkan PNS di daerahnya untuk memakai batu akik, kini giliran Samarinda, Kaltim.

Seperti juga Sumsel. Keharusan PNS dan pejabat, baik di Sumsel maupun Kaltim adalah dalam rangka mendukung ekonomi kreatif. Apalagi kedua daerah tersebut, seperti diketahui merupakan penyumbang batu-batu akik yang cantik.

Seperti dilansir dari laman kompas.com, para pejabat di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, diharuskan menggunakan cincin batu akik khas Kalimantan. Kebijakan itu untuk mendukung ekonomi kreatif di daerah itu.

“Kewajiban pejabat menggunakan cincin batu akik khas Kalimantan itu tertuang dalam surat edaran Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang. Kebijakan itu untuk menghidupkan usaha menengah dan koperasi batu akik yang ada di sini (Samarinda),” ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kota Samarinda, Masrullah, Jumat (12/6/2015), seperti dikutip Antara.

Masrullah mengatakan, selain mendukung pemanfaatan produk lokal batu akik asli Kota Samarinda, penggunaan batu akik secara massal diyakini mendukung ekonomi kreatif di masyarakat.

Walaupun surat edaran itu tanpa disertai dengan sanksi, tetapi Masrullah optimistis seluruh Pejabat akan mematuhi imbauan tersebut.

“Tidak ada sanksi, tetapi karena ini anjuran wali kota sehingga pejabat wajib menjalankannya. Kalau yang nonpejabat atau staf juga boleh sepanjang tidak memberatkan,” kata Masrullah.

Surat edaran Wali Kota Samarinda itu, menurut dia, hanya mempertegas keinginan pemerintah dalam memperkenalkan batu akik asli Kalimantan.

“Meskipun tanpa surat tersebut, sebagian besar pegawai, baik pejabat maupun staf telah mengenakan beraneka ragam batu di sela jari-jari mereka. Kami ingin menunjukkan batu asal Kalimantan, apalagi kalau mereka bertugas luar daerah,” ujar Masrullah.

Pada surat edaran Wali Kota Samarinda tersebut, jenis batu akik yang dianjurkan di antaranya, batu akik “Red Borneo” dan “Green Borneo” serta Kecubung.

“Kami bangga, sebab batu khas Kalimantan seperti Kecubung saat ini semakin terkenal karena dijadikan cendera mata bagi tamu luar daerah, bahkan tamu negara yang hadir pada Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia-Afrika di Kota Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu,” ujarnya.

sumber : kompas.com

 

Comments

About author

You might also like

Hits

Marsala, Sang Warna 2015

Sebagai pelopor perpaduan warna, Pantone pada tahun ini memperkenalkan warna marsala sebagai color of the year 2015, 18-1438. Marsala adalah anggur merah alami yang kuat dan bersahaja, marsala juga memperkaya fikiran

Artikel 0 Comments

Benarkah Tim Arkeolog Menemukan “Kujang” Di Gunung Padang ?

Penelusuran di Gunung Padang semakin hari semakin memunculkan banyak temuan yang masih menjadi misteri. Setelah penemuan makam-makam tua di sekitaran Gunung Padang (lihat artikel : Ada Makam Kabayan di Situs

Artikel

Glenn Fredly Bernyanyi Untuk Angeline

Publik Indonesia tadi malam terguncang dengan pemberitaan ditemukannya jasad Angeline yang dikubur di pekarangan rumah didekat kandang ayam dan tumpukan sampah, penyanyi Glen Fredly pun tersentuh hatinya dan menyanyikan lagu untuk Angeline.