Pulau Onrust : Benteng VOC, Karantina Haji dan Tawanan Nazi

Pulau Onrust : Benteng VOC, Karantina Haji dan Tawanan Nazi

Pualau Onrust di Kepulauan Seribu

Pualau Onrust di Kepulauan Seribu

Jika Anda kebetulan berwisata ke Kepulauan Seribu, kurang lengkap apabila tidak berkunjung ke Pulau Onrust. Sebuah Pulau yang kaya cerita dan sejarah.

Pulau Onrust merupakan salah satu pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta yang letaknya berdekatan dengan Pulau Bidadari. Pada masa kolonial Belanda, rakyat sekitar menyebut pulau ini adalah Pulau Kapal karena di pulau ini sering sekali dikunjungi kapal-kapal Belanda sebelum menuju Batavia.

Beragam cerita dan riwayat sejarah mengiringi keberadaan Pulau kecil ini. Uniknya, Pulau ini bergonta-ganti kepemilikan dan seiring waktu difungsikan macam-macam. Menurut catatan sejarah, Pulau ini semula adalah tempat pelesiran bagi keluarga Raja-Raja Banten.

Tetapi kemudian terjadi persengketaan antara Penguasa Banten dan Pangeran Jayakarta. Kedua-duanya mengklaim Pulau ini adalah milik mereka. Selanjutnya VOC masuk dan membuat perjanjian dengan Pangeran Jayakarta pada 1610.

Isi perjanjian tersebut Belanda diperbolehkan mengambil kayu untuk pembuatan kapalnya. Seiring waktu, Belanda meminta lebih, karena di pulau itu bolak-balik kapal menuju kawasan Asia Tenggara, dan banyak perbaikan kapal sehingga VOC berniat membuat galangan kapal dan Pangeran Jayakarta memberikan izinnya.

Spot-spot yang bisa dikunjungi di Pulau Onrust

Spot-spot yang bisa dikunjungi di Pulau Onrust

PULAU ONRUST
Nama Pulau Onrust sendiri berasal dari bahasa Belanda, yaitu onrust yang bermakna tanpa istirahat, Nama itu diberikan karena mungkin keberadaannya yang sangat sibuk disinggahi kapal-kapal VOC.

Pulau Onrust dapat dikatakan pusat pertahanan VOC saat itu. Letak pulaunya strategis terlindungi Pulau Kelor dan Pulau Cipir, luasnya pun memadai untuk sebuah benteng yang kuat dan strategis.

Pada awal abad 20, Pulau Onrust dimanfaatkan sebagai sanatorium TBC. Semenjak 1911 hingga 1933 Pulau ini difungsikan sebagai tempat karantina bagi para jema’ah yang berangkat haji. Pulau Onrust merupakan lokasi tempat pemberangkatan jemaah haji Indonesia menuju Arab Saudi melalui jalur laut pada masa penjajahan Belanda atau yanag saat ini kita kenal sebagai embarkasi.

Di Pulau Onrust masih dijumpai sisa sisa reruntuhan bangunan barak asrama haji. Konon pulau ini juga merupakan tempat karantina penyakit menular yang terbawa jemaah haji.

Pembuktian akan hal tersebut dapat dilihat dari reruntuhan barak karantina haji ( Pilgrim Quarantine Barracks ) yang konon di bangun tahun 1911. Pada 1933, kegiatan karantina haji dipindahkan ke Pelabuhan Tanjuk Priok.

Selanjutnya setelah itu, Pulau ini difungsikan sebagai penjara. Mulai dari pemberontak, penjahat kelas berat hingga tahanan awak U-Boat Nazi Jerman pernah ditempatkan di sini. Setelah merdeka, Pulau ini sempat dijadikan Rumah Sakit Karantina hingga awal 1960-an.

Kini, Pulau Onrust beserta pulau-pulau disekelilingnya telah dijadikan obyek wisata. Banyak peninggalan sisa-sisa benteng dan lainnya yang dapat dilihat di sini. Maka, tak lengkap kalau Anda mengunjungi Kepulauan Seribu tanpa berkunjung ke Pulau satu ini.

Disarikan dari beragam sumber

Comments

About author

You might also like

Tokoh

Kecap Blitar Nomor Satu Di Dunia (2-tamat)

Tulisan ini merupakan tulisan wartawan senior Susanto Pudjomartono yang pernah dimuat di Majalah Gatra, 9 Juni 2001 :

Tokoh

Soekarno dan Tokoh-Tokoh Dunia

Meski Indonesia baru saja merdeka, Soekarno sangat aktif mempromosikan Indonesia ke kancah dunia, bertemu dengan tokoh-tokoh dunia.

Artikel

PNS Dan Pejabat di 2 Daerah Ini Wajib Memakai Batu Akik

Setelah Sumsel melalui Gubernurnya, Alex Nurdin mewajibkan PNS di daerahnya untuk memakai batu akik, kini giliran Samarinda, Kaltim.