Puluhan Anak Harimau Ditemukan Mati!!!

Puluhan Anak Harimau Ditemukan Mati!!!

Petugas satwa liar Thailand menemukan puluhan anak harimau mati di “Kuil Harimau” yang kontroversial berselisih dengan otiritas setempat dan kelompok hak asasi hewan.

Para petugas satwa menemukan anak-anak harimau tersebut dalam operasi berkelanjutan yang bertujuan melepaskan harimau-harimau dewasa dari kuil Buddha Wat Pha Luang Ta Bua, atau dikenal juga dengan “kuil harimau” di sebelah barat propinsi Kanchanaburi.

Kolonel Polisi setempat, Bandith Meungsukhum mengatakan pada hari Rabu, 1 Juni 2016, telah menemukan 40 anak harimau berusia satu hingga dua hari. Namun mereka belum bisa memastikan berapa lama anak-anak harimau ini mati.
Kolonel Bandith juga menambahkan bahwa petugas satwa liar setempat mengajukan gugatan kriminal terkait penemuan ini.

Petugas satwa liar Thailand menemukan puluhan bayi harimau yang telah mati di Kuil Harimau. EPA/STR THAILAND

Kuil Harimau terbukti sejak lama memungut biaya pada setiap turis, terutama turis asing yang ingin berfoto bersama kucing eksotik. Selain itu, petugas satwa liar juga mengatakan bahwa seluruh kompleks Kuil Harimau tersebut ilegal. Mereka juga berjuang untuk menutup tempat tersebut, namun mendapatkan perlawanan dari para biarawan setempat.

Perjuangan ini semakin rumit karena pemerintah sekuler Thailand menyatakan tidak ikut campur dalam masalah tersebut. Namun minggu lalu, pengadilan memberi putusan sekaligus perintah pada petugas satwa untuk melepas lebih dari 30 harimau dewasa dari Kuil Harimau.

Seiring dengan pelepasan harimau dewasa, Kelompok hak asasi hewan melayangkan tuduhan atas keterlibatan Kuil Harimau dalam perdagangan pasar gelap, yang dapat menghasilkan keuntungan ribuan dollar dengan menjual harimau dewasa atau bagian tubuh tertentu untuk pembuatan obat tradisional.

Tahun lalu, seekor harimau dewasa ditanami microchip secara diam-diam, namun harimau tersebut menghilang tanpa jejak bersama dua ekor harimau dewasa lainnya. Hingga saat ini tidak pernah ada kejelasan dari pihak Kuil Harimau atas kasus ini.

Bayi harimau mati didalam toples, sebagian lagi disimpan dalam freezer

Pada bulan Februari 2015, petugas satwa liar melakukan penggeledahan di Kuil Harimau. Hasilnya mereka menemukan puluhan burung enggang, serigala dan beruang asia yang disimpan pada sebuah tempat rahasia tanpa izin.

Lagi-lagi, pihak Kuil Harimau membantah tuduhan perdagangan gelap. Bahkan pada halaman facebook-nya, Kuil Harimau mengatakan bahwa kematian anak beruang setelah dilahirkan merupakan sebuah hal yang sangat wajar.

Pihak Kuil Harimau biasanya meng-kremasi anak harimau yang mati, namun kebijakan kremasi tersebut diubah pada tahun 2010. Alih-alih mengkremasi, tubuh anak harimau tersebut disimpan dalam toples atau dibekukan dalam freezer. Alasan perubahan kebijakan pun tidak dapat dijelaskan oleh pihak Kuil Harimau.

Pihak Kuil Harimau selalu mengelak tuduhan penjualan binatang-binatang langka, bahkan mereka mengatakan tuduhan tersebut hanya sebuah rumor yang dibuat-buat.

Pergerakan melawan para biarawan dan menyita harimau-harimau sekarat selama beberapa bulan terakhir, saat ini diyakini ada sekitar 100 harimau tersisa di Kuil Harimau.

Dalam beberapa tahun, tampaknya pemerintah Thailand tidak berdaya untuk menyelesaikan masalah ini. Sebagian besar takut terlihat melawan para biarawan, sebagian lainnya beralasan tidak adanya tempat lain untuk merelokasi harimau dalam jumlah yang banyak.

 

Comments

About author

You might also like

Artikel 0 Comments

Masangin : Ritus Mengukur Kelurusan Hati

Datang ke Yogya tidak mantap kalau tidak merasakan ritus masangin di Alun-alun Kidul (Alkid), selain berwisata kuliner malam hari di sana. Kalau waktu siangnya memang tidak begitu ramai. Biasanya orang

Hits

Inilah Negara-Negara Dengan Waktu Puasa Paling Singkat Di Dunia

Setiap Ramadhan, umat muslim menjalankan ibadah puasa. Tetapi, lama atau singkatnya ibadah puasa di berbagai pelosok dunia berbeda-beda. Misalnya, di belahan bumi Eropa, seperti Belanda kaum muslimin menjalankan ibadah puasa

Artikel

Surga Itu Bernama Ciletuh Geopark (2-tamat)

Indonesia sangat kaya alamnya, dan yang menakjubkan kita memiliki Geopark. Lokasinya tidak terlalu jauh, masih di Jawa Barat juga.