Rahasia Kelezatan Tahu Sumedang

Rahasia Kelezatan Tahu Sumedang

Siapa yang tidak mengenal Tahu Sumedang ? Kelezatan kuliner satu ini sudah sedemikian terkenalnya hingga ke mancanegara. Lantas, apa yang membedakannya dengan tahu biasa ?

Tahu Sumedang tidak hanya milik masyarakat Sumedang. Tahu Sumedang telah menjadi ikon kuliner Nusantara. Kulitnya yang cenderung kasar, berbeda dengan tahu-tahu lainnya. Namun, kalau soal rasa, hampir tidak ada yang bisa mengalahkannya. Krispi di luar dan lembut di dalamnya.

Seperti bahan baku Tahu yang lain pada umumnya, Tahu Sumedang merupakan makanan yang berbahan dasar dari kacang kedelai. Sebagian besar bahan dasar tersebut diperoleh dari luar Kabupaten Sumedang, biasanya dari Koperasi Kasih Muda Bandung.

Lantas, apa yang rahasia kelezatan Tahu Sumedang ? Kacang kedelai yang siap diolah pada awalnya direndam. Dalam proses perendaman tesebut air yang digunakan untuk merendam tahu memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap citarasa tahu yang akan dihasilkan nanti. Demikian pula pada proses perebusan tahu, air yang digunakan untuk merebus dan temperatur air pada saat merebus pun memiliki pengaruh yang besar terhadap citarasa tahu yang akan dihasilkan.

Dengan demikian untuk tahu Sumedang khususnya, muncul istilah “Beda Cai Beda Rasa” yang berarti perbedaan air yang digunakan untuk mengolah tahu Sumedang akan memunculkan rasa yang berbeda pada rasa tahu yang dibuat. Sehingga tidak aneh jika di Sumedang, pedagang tahu yang letaknya bersebelahan pun memiliki jumlah pelanggan yang berbeda. Maka dari itu, disetiap pabrik tahu di Sumedang biasanya terdapat sumur yang digunakan sebagai sumber air yang digunakan untuk mengolah tahu Sumedang. Hal ini bertujuan untuk memberikan citarasa yang khas terhadap tahu yang dihasilkan oleh masing-masing pabrik tahu di Sumedang.

Diceritakan, generasi perintis Tahu Sumedang, yakni Ong Bung Keng pernah mencoba membuat Tahu Sumedang di Bandung. Tetapi karena perbedaan air, hasilnya pun menjadi berbeda.

disarikan dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Gaya Hidup

Ubud Food Festival 2015: Berlibur Menikmati Kuliner Nusantara

Musim liburan segera tiba, bagaimana jika berlibur sambil menikmati beragam kuliner nusantara sambil menikmati pemandangan ubud?

Gaya Hidup

Kuliner Khas Sunda di Majalengka Part 1

Jika anda kangen dengan masakan sunda jaman baheula atau jadul, maka anda akan kesulitan mencarinya di kota besar seperti Bandung. Tapi kalau anda sempat jalan-jalan ke daerah Majalengka, anda akan menemukan kuliner tersebut di kabupaten ini

Gaya Hidup 0 Comments

Bakso Bakar Pahlawan Trip, Malang

Jangan bilang pernah ke Malang jika belum mencoba kuliner Bakso Bakar.  Kali ini, kita mengunjungi Bakso Bakar Pahlawan Trip Memang tidak salah jika orang-orang mengatakan bahwa bakso berasal dari Malang. Meskipun namanya