Rencana Bandung Menjadi Ibu Kota Hindia Belanda (1)

Rencana Bandung Menjadi Ibu Kota Hindia Belanda (1)

Sudah tak terhitung kiranya artikel dan tulisan yang mengangkat kota Bandung. Namun demikian, Bandung seakan-akan menjadi bahan yang tak habis-habisnya diperbincangkan. Begitu pula yang membahas sejarah Bandung, atau Bandung Tempo Doeloe. Tidak kurang sejarawan yang telah menulisnya, tetapi tetap saja tema ini selalu menarik perhatian.

Bandung, -seperti pernah diterangkan Haryoto Kunto- apabila dibandingkan dengan kota-kota pesisir utara Pulau Jawa tergolong berusia muda. Namun demikian, kota satu ini justeru memiliki sejarah dan peranan yang kaya, baik di tingkat nasional maupun regional. Inilah salah satu keunikannya.

Pendirian Kota ini pun sepertinya tidak “direncanakan” terlebih dahulu. Ketika Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang berkuasa pada waktu itu, yakni Herman Willem Daendels membangun Jalan Raya Pos (Groote Posweg) dan sedang merambah hutan menyusuri kaki Gunung Tangkubanparahu, ternyata Ibukota Kabupaten Bandung yang sedianya akan dilalui oleh jalur jalan tersebut letaknya jauh di arah selatan.Jaraknya lebih kurang 11 km, dari Kota Bandung sekarang (Pikiran Rakyat, 27 September 1999). Maka lewat surat perintah Gubernur Jenderal Daendels tersebut, Ibukota Kabupaten Bandung dipindahkan dari Dayeuhkolot di tepi Sungai Citarum ke tepi Sungai Cikapundung. Itulah titik awal pendirian kota Bandung.

Akhmad Faizal Reza

About author

You might also like

Foto

Penjara Tua Legendaris di Kepulauan Tropis

Masih ingatkah petualangan Jack Sparrow di Tortuga? Bagaimana kisah sesungguhnya tentang Tortuga?

Napak Tilas 0 Comments

Rencana Bandung Menjadi Ibukota Hindia Belanda (2)

Untuk beberapa periode, Bandung tidak banyak mengalami perubahan. Namun, alih-alih mati, lambat laun kota ini berkembang menjadi sebuah kota yang penting. Terlebih akibat meletusnya Gunung Gede menyebabkan Ibukota Priangan dipindahkan

Artikel

Di Bawah Pohon Ini, Tercetuslah Pancasila

Proses melahirkan ide atau gagasan terkadang aneh, tak jarang unik. Ia bisa saja muncul di sembarang tempat.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply