Rencana Bandung Menjadi Ibu Kota Hindia Belanda (1)

Rencana Bandung Menjadi Ibu Kota Hindia Belanda (1)

Sudah tak terhitung kiranya artikel dan tulisan yang mengangkat kota Bandung. Namun demikian, Bandung seakan-akan menjadi bahan yang tak habis-habisnya diperbincangkan. Begitu pula yang membahas sejarah Bandung, atau Bandung Tempo Doeloe. Tidak kurang sejarawan yang telah menulisnya, tetapi tetap saja tema ini selalu menarik perhatian.

Bandung, -seperti pernah diterangkan Haryoto Kunto- apabila dibandingkan dengan kota-kota pesisir utara Pulau Jawa tergolong berusia muda. Namun demikian, kota satu ini justeru memiliki sejarah dan peranan yang kaya, baik di tingkat nasional maupun regional. Inilah salah satu keunikannya.

Pendirian Kota ini pun sepertinya tidak “direncanakan” terlebih dahulu. Ketika Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang berkuasa pada waktu itu, yakni Herman Willem Daendels membangun Jalan Raya Pos (Groote Posweg) dan sedang merambah hutan menyusuri kaki Gunung Tangkubanparahu, ternyata Ibukota Kabupaten Bandung yang sedianya akan dilalui oleh jalur jalan tersebut letaknya jauh di arah selatan.Jaraknya lebih kurang 11 km, dari Kota Bandung sekarang (Pikiran Rakyat, 27 September 1999). Maka lewat surat perintah Gubernur Jenderal Daendels tersebut, Ibukota Kabupaten Bandung dipindahkan dari Dayeuhkolot di tepi Sungai Citarum ke tepi Sungai Cikapundung. Itulah titik awal pendirian kota Bandung.

Akhmad Faizal Reza

Comments

About author

You might also like

Napak Tilas

Kiprah Awak U-Boat Nazi Jerman Bantu Pejuang RI

Mumpung, Peringatan berakhirnya Perang Dunia 2 masih hangat di bulan Mei ini. Tak salah kiranya membahas sejarah yang terlupakan tentangnya. Kita mungkin tidak pernah membayangkan, tentara Nazi Jerman pernah terlibat

Lingkungan

Ada Swiss di Kota Intan

Keanekaragaman budaya nusantara, kondisi geografis, budaya dan produktifitas masyarakat membuat setiap wilayah memiliki julukan tersendiri.

Napak Tilas

Firaun Tutankhamun Meninggal Ketika Ereksi

Mumi Firaun tidak berjantung, kain hitam, dan juga penis berdiri tegak 90°. Apa sebabnya?

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply