Sebelum Mudik, Silakan Baca Tips-Tips-nya dulu

Sebelum Mudik, Silakan Baca Tips-Tips-nya dulu

Lebaran tinggal menghitung hari. Salah satu keunikan lebaran di Nusantara adalah budaya mudik ke kampung halaman.

Mudik bukan sekadar budaya. Perilaku ini sangat positif karena dapat merekatkan silaturahmi dengan keluarga dan kerabat yang berjauhan.

Dari sudut ekonomi, budaya mudik berdampak positif. Perputaran uang tidak melulu berada di kota. Dengan budaya mudik, perputaran uang juga terjadi di desa-desa dan kampung-kampung.

Namun, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat mudik. Masalah keamanan, kondisi kesehatan harus menjadi prioritas. Jangan sampai mudik malah berujung bahaya. Untuk itu berikut tips-tips mudik yang perlu anda perhatikan :

1. Sebelum mudik, persiapkan diri anda baik secara fisik maupun psikologis. Sebaiknya tidak berangkat setelah pulang kerja, karena selain badan capek, psikologi anda juga lelah.

2. Periksa kesehatan anda terlebih dahulu, terutama jika anda memiliki riwayat sakit tertentu. Jangan lupa membawa obat-obatan sesuai kebutuhan.

3. Siapkan makanan dan minuman terutama untuk anak-anak di bawah lima tahun. Sebaiknya tidak membeli makanan sembarangan di pinggir jalan.

4. Siapkan peta mudik dan pastikan peta mudik anda terbaharui. Gunakan alat bantu petunjuk arah, missal kompas atau GPS, jika diperlukan.

5. Siapkan alat komunikasi seperti handphone dalam kondisi online untuk memudahkan dalam melakukan panggilan jika diperlukan. Jangan lupa membawa charger mobil.

6. Jika memerlukan pertolongan medis, gunakan posko-posko kesehatan yang diberikan oleh pemerintah di sepanjang arus mudik.

7. Jangan sampai mengemudi dalam keadaan lelah atau mengantuk. Istirahat secara periodik untuk mengatasi lelah dan mengantuk. Ingat keluarga menunggu di rumah.

8. Jika stamina tubuh terasa berkurang, jangan memaksakan diri dengan meminum obat atau minuman yang dapat menambah tenaga tubuh sesaat.

9. Ini penting ! periksa kondisi kendaraan dan pastikan kondisinya prima, mulai dari tekanan ban, oli, saringan udara, aki dan kelistrikan. Bawa sikring (fuse) cadangan bila diperlukan.

10. Setelah tiba ditujuan, pastikan anda beristirahat yang cukup sebelum melakukan silaturahmi berkeliling rumah untuk menemui sanak saudara.

Selamat mudik dan sampai tujuan !

disarikan dari beragam sumber

About author

You might also like

Artikel 0 Comments

Ki Asep, Sang Maestro Wayang Golek

Membicarakan Seni Wayang Golek, tak terlepas dari sosok Asep Sunandar Sunarya. Ia adalah Maestro Wayang Golek yang dimiliki Indonesia. Melalui tangannya, Seni Wayang Golek menjadi lebih hidup dan semarak. Inovasi

Artikel

Mana Yang Jago Nembak, TNI AD atau Tentara Amerika ?

Kabar membanggakan datang dari Tentara kita. Sebanyak 16 anggota TNI Angkatan Darat menjuarai lomba menembak antar tentara.

Budaya

Tradisi Potong Jari, Ungkapan Berkabung Bagi Suku Ini

Nusantara dikenal karena keragaman tradisi dan budayanya. Ada tradisi nan unik meski dibilang tak lazim, yakni potong jari.