Sejarah Awal Mula Scooter Vespa Piaggio

Sejarah Awal Mula Scooter Vespa Piaggio

Vespa dan Piaggio

Piaggio-Vespa

Sejarah bermula ketika penemu motor Scooter Vespa, Enrico Piaggio, merestruksturisasi perusahaan milik ayahnya (Rinaldo Piaggio) akhir perang dunia II.

Perusahaan yang didirikan Tahun 1884 ini pada awalnya membuat peralatan kapal, kemudian berlanjut memproduksi Rel Kereta, Body Truck, Mesin, dan Kereta Api.  Pada perang Dunia I sempat memproduksi kapal laut dan Pesawat Terbang dan komponennya (baling-baling dan mesin pesawat).

Enrico Piaggio, Penemu Vespa

Enrico Piaggio, Penemu Vespa

Enrico Piaggio mengambil alih perusahaan milik ayahnya (Rinaldo Piaggio) pada saat keadaan perekonomian Italia sedang memburuk akibat perang dunia II. Enrico memiliki ide untuk mendesain alat transportasi yang murah. Pertemuannya dengan seorang insinyur penerbangan yang pernah menerbangkan Helicopter pertama Piaggio, Corradino D’Ascanio.

Impian Enrico Piaggio akan sebuah kendaraan yang dapat digunakan untuk mobilitas masyarakat italia pun kemudian terealisasi melalui tangan dingin D’Ascanio pada tahun 1945 dengan lahirnya produk motor MP5 yang kemudian dikonsep ulang dengan membuat seri kedua, MP6.

Sejarah mencatat ketika Enrico Piaggio melihat prototipe MP6, dia secara tak sengaja berseru “Sambra Una Vespa” (terlihat seperti tawon). Inilah cikal bakal penamaan Vespa (wesp dalam bahasa inggris, tawon dalam bahasa Indonesia). April 1946, prototipe MPP6 ini diproduksi massal di pabrik Piaggio, Pontedera-Tuscani, Italia.

Akhir  Tahun 1949, Scooter Vespa telah diproduksi 35 ribu unit, dan selama kurun waktu 1960-1970 (10 tahun), Piaggio telah memproduksi sekitar 1 Juta unit Scooter Vespa. Kemudian, Piaggio melakukan ekspansi pasar ke Perancis, Inggris, belgia, Spanyol, brazil, dan India. Bahkan Jerman pun sempat melakukan kerjasama dengan pihak Piaggio dengan yang melahirkan scooter Vespa 125 CC pada tahun 1950.

Enrico Piaggio saat meninjau produksi Vespa

Enrico Piaggio saat meninjau produksi Vespa

Pada saat itu, Scooter Vespa Piaggio bukannya tanpa pesaing. Negara lain pun mencoba membuat produk scooter yang mirip dengan Scooter Vespa Piaggio, diantaranya adalah Lambretta, Zundapp, dan NSU. Bagi masyarakat Indonesia, produk scooter Lambretta dan Zundapp sempat populer di era 1960-an.

Scooter Vespa Piaggio berhasil menjadi pemimpin pasar dan menjadi simbol dari revolusi gagasan pada waktu itu. Bahkan hingga sekarang, Scooter Vespa Piaggio tetap mempertahankan bentuk ‘pantat montok’ nya yang seperti lebah penyengat/tawon yang menjadi ciri khas Scooter Vespa Piaggio.

Scooter Vespa Piaggio memiliki banyak penggemar fanatik, terutama yang model klasik, sangat diburu oleh para kolektor. Indonesia sendiri merupakan negara penggemar Scooter Vespa piaggio terbesar setelah negara asal penemunya, Italia.

Disarikan dari beberapa sumber.

 

Comments

About author

You might also like

Makanan

Kaki Sapi Kang Herry, Nendang Di Siang Bolong

Jika keseharian anda disibukan di daerah pasar baru, Pagarsih dan Kalipah apo, alangkah baiknya anda menyimpang di gerobak mie kocok Kang Herry. Meski lokasi tempat makan ini dipinggiran jalan, jangan

Hits

Cari Jaket Kulit ? Mampir Saja Ke Sukaregang Garut

Garut tidak hanya melulu soal dua “D”, dodol dan domba. Salah satu potensi hebat Garut adalah kerajinan kulitnya.

Tokoh

Cerita-Cerita Lucu di Seputar Bung Karno (2-tamat)

Siapa yang tidak mengenal Bung Karno ? Founding Father, proklamator, pahlawan nasional dan seabrek predikat yang melekat pada dirinya.