Seni Ketangkasan Domba Garut

Seni Ketangkasan Domba Garut

Ketangkasan Domba

Garut tidak hanya terkenal dengan dodolnya, tetapi ada juga seni ketangkasan Domba Garut (Adu Domba) yang merupakan permainan rakyat yang sudah ada di Garut sejak lama. Kesenian ini merupakan warisan budaya turun temurun dari generasi ke generasi hingga sekarang.

Sejarah “Adu” Domba Garut sendiri dimulai dari Tahun 1815 saat Bupati Suryakanta memerintah Garut. Domba Garut adalah domba hasil persilangan segitiga antara domba asli Indonesia, domba Merino dari Asia Kecil dan domba ekor gemuk dari Afrika.

Domba Garut memang memiliki ciri khas tersendiri, yaitu badannya kekar, memiliki berat badan antara 60 hingga 80 kilogram, dan tanduknya berukuran besar melengkung ke belakang.

Sebelum berlaga dalam seni ketangkasan domba, domba-domba ini dibagi menjadi kelas A, kelas B, dan kelas C, sesuai dengan berat badan domba. Lamanya pertandingan sekitar 3 menit dan biasanya domba-domba membenturkan kepala/tanduknya sebanyak 20 hingga 25 kali.

Pehobi Domba Garut biasanya memiliki jadwal latihan dan jadwal kontes rutin untuk menyalurkan hobi mereka. latihan dilakukan seminggu sekali, sedangkan kontes dilakukan sebulan sekali.

harga dari Domba Garut tergantung dari prestasi si Domba. Domba Garut yang merupakan peranakan asli dari pemenang hebat juga akan memiliki harga yang tinggi.

Domba Garut rata-rata dijual dengan harga sekitar 3-5 Jutaan, walaupun ada juga Domba Garut yang dijual dengan harga ratusan juta.

Oleh : Rizal Waqfeen

About author

You might also like

Artikel

Ditemukan, Mutiara Kuno Berusia 2000 Tahun

Peradaban manusia memang menakjubkan. Sudah beribu tahun lamanya, manusia mengenal perhiasan. Selain emas dan perak, mutiara menjadi salah satu ikon perhiasan manusia.

Napak Tilas 0 Comments

Gunung Padang: Sebuah Mahakarya

Karya Siapa Publik digemparkan dengan penemuan situs Gunung Padang. Mulai dari mantan Presiden RI, para pemangku jabatan politik/pemerintahan hingga musisi/seniman sekaliber Iwan Fals pun angkat bicara. Situs Gunung Padang hingga

Gaya Hidup 0 Comments

Avengers – Age of Ultron: Rilis Lebih Cepat !!!

Tanggal rilis dari film “Avengers: Age of Ultron” di Indonesia menjadi perdebatan bagi pecinta film. Terutama bagi penggemar tokoh Marvel Studio seperti Iron Man, Captain America, Thor, Hulk, dll. Awalnya film ini akan dirilis

1 Comment

  1. Rian
    July 31, 15:58
    apa ada event adu domba garut lagi dalam waktu dekat dalam skala yg lbh besar (misalnya skala nasional atau skala propinsi ? mhn saya diberi kabar.

Leave a Reply