Si Bung, Peraih 26 Gelar Doktor Honoris Causa !

Si Bung, Peraih 26 Gelar Doktor Honoris Causa !

Bung Karno, mendapatkan gelar Doktor H.C dari Universitas Hasanuddin, 1963

Bung Karno, mendapatkan gelar Doktor H.C dari Universitas Hasanuddin, 1963

Masih tentang Bung Karno, sosok Bung Karno sebagai Proklamator, Founding Father, Presiden RI pertama mungkin hampir semua anak bangsa ini mengenalnya. Bagaimana dengan gelar Doktornya dari beragam universitas ?

Nah, ini mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya. Pendidikan Bung Karno semasa kuliah di THS atau ITB mungkin adalah Teknik Sipil, namun gelar Doktor yang diraihnya dari beragam universitas meliputi beragam bidang. Ini yang luar biasa.

Gelar Honoris Causa (H.C) / Gelar Kehormatan adalah sebuah gelar kesarjanaan yang diberikan oleh suatu perguruan tinggi atau universitas yang memenuhi syarat kepada seseorang, tanpa orang tersebut perlu untuk mengikuti dan lulus dari pendidikan yang sesuai untuk mendapatkan gelar kesarjanaannya tersebut.

Gelar Honoris Causa dapat diberikan bila seseorang telah dianggap berjasa dan atau berkarya luar biasa bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia.

Semasa hidupnya, Bung Karno mendapatkan 26 gelar Doktor Honoris Causa dari banyak universitas di dalam dan luar negeri.

Perguruan tinggi dalam negeri yang memberikan gelar kehormatan kepada BK antara lain,

Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia, Universitas Hasanuddin, Institut Agama Islam Negeri Jakarta, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Muhammadiyah.

Sementara itu beberapa Universitas seperti, Universitas Columbia (Amerika Serikat), Universitas Berlin (Jerman), Universitas Lomonosov (Uni Sovyet/Rusia) dan Universitas Al-Azhar (Mesir) merupakan beberapa universitas luar negeri yang menganugerahi Soekarno dengan gelar Doktor Honoris Causa.

Bung Karno mendapat gelar Doctor Honoris Causa untuk bidang ilmu yang berbeda-beda. 16 untuk bidang ilmu hukum, 3 untuk bidang ilmu kemasyarakat, 3 untuk ilmu teknik, 3 untuk bidang ilmu agama Islam, dan 1 untuk ilmu sejarah.

Dari sekian presiden dan pemimpin dunia, Bung Karno barangkali yang terbanyak mendapat gelar Doctor Honoris Causa. Seperti di sebutkan di awal, Sang proklamator dianugerahi 26 gelar Doctor Honoris Causa dari 7 universitas dalam negeri dan 19 universitas luar negeri.

Dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Teknologi 1Comments

Fenomena Mesin Penebak Umur di Sosial Media.

Membahas mengenai umur memang suatu hal yang sensitif tapi juga menyenangkan. Bagaimana jika tebakan umur ini dilakukan oleh sebuah robot atau mesin? How-Old.net adalah sebuah situs yang diciptakan oleh Microsoft bersama

Hits

Di Bawah Pohon Ini, Tercetuslah Pancasila

Proses melahirkan ide atau gagasan terkadang aneh, tak jarang unik. Ia bisa saja muncul di sembarang tempat.

Ali Sadikin Sang Gubernur “Koppig” (2)

Sebelum menjabat Gubernur, Lelaki kelahiran Sumedang 7 Juli 1927 ini adalah adalah seorang letnan jenderal KKO-AL (Korps Komando Angkatan Laut). Ia pernah menjabat sebagai Deputi Kepala Staf Angkatan Laut, Menteri