Siapakah Prabu Siliwangi itu ?

Siapakah Prabu Siliwangi itu ?

Nama Siliwangi, atau Prabu Siliwangi tak lepas dari Tatar Sunda. Namun, sosok satu ini masih diselimuti kabut misteri. Antara fakta dan mitos masih melingkupinya. Siapakah sebenarnya Prabu Siliwangi dan bagaimana sepak terjangnya yang sesuai fakta sejarah ?

Dari Penelusuran sejarah, Prabu Siliwangi adalah nama julukan. Siliwangi terdiri dari 2 suku kata, “Silih” (Pengganti) dan “Wangi.” artinya Pengganti Prabu Wangi. Siapakah Prabu Wangi ? Prabu Wangi adalah julukan bagi Prabu Niskala Wastukancana yang berkuasa di Kerajaan Sunda-Galuh (ketika itu belum bernama Pajajaran) yang berusia cukup panjang, yakni 104 tahun (1371-1475).

Nah, Prabu Siliwangi merupakan cucu dari Prabu Wangi ini. Nama lengkapnya adalah Prabu Jayadewata yang berkuasa pada periode 1482-1521. Seperti kakeknya, Prabu Jayadewata mampu mempersatukan Kerajaan Sunda dan Galuh, sehingga dianggap mewarisi kebesaran kakeknya. Ayahnya Prabu Jayadewata, yakni Prabu Dewa Niskala hanya menjadi penguasa Kerajaan Galuh. Pada masa kekuasaan Prabu Siliwangi Kerajaan Pajajaran mencapai puncak kejayaannya (Darmayana, dalam Berdikari Online).

Yang menarik, sosok Prabu Siliwangi sendiri masih diselimuti mitos. Dalam mitosnya diceritakan bahwa Prabu Siliwangi beserta pengikut setianya “nga-hiyang” (menghilang) dan berubah menjadi “maung” atau Harimau. Jika Prabu Siliwangi berubah menjadi Harimau putih, sementara pengikut-pengikutnya menjadi harimau loreng. Hal ini disebabkan keteguhan sikap mereka untuk tidak memeluk agama Islam. Istana Kerajaan Pajajarannya sendiri berubah menjadi hutan belantara. Tamatlah riwayat Kerajaan Pajajaran.

Tentu saja mitos tidak berdasarkan fakta. Faktanya, Kerajaan Pajajaran tidak langsung runtuh sepeninggal Prabu Siliwangi. Ada lima Raja lagi sesudahnya, dengan Raja terakhirnya adalah Prabu Raga Mulya. Raja terakhir ini berkuasa pada 1567-1579. Ia gugur dalam mempertahankan ibukota kerajaan dari serangan pasukan Kesultanan Banten.

About author

You might also like

Tokoh

Schindler Britania : Penyelamat 699 Nyawa Anak Ini Wafat di Usia Ke-106

Aksi heroik tidak harus muncul dari superhero. Ada orang-orang biasa yang sangat heroik dan mereka bukan superhero.

Hits

Arsitektur Gagasan Soekarno

Ir. Soekarno adalah seorang arsitek lulusan Technische Hoogeschool te Bandoeng, yang kini bernama Institut Teknologi Bandung (ITB).

Gaya Hidup 0 Comments

Kisah Inspiratif Dibalik “Grand Theft Auto 5” (GTA-5).

Grand Theft Auto atau lebih dikenal GTA, sebuah game fenomenal bagi para gamers dunia, termasuk di Indonesia. Berawal dari kesuksesan GTA San Andreas, beberapa waktu lalu Grand Theft Auto 5 telah resmi

1 Comment

  1. wongcrewchild
    January 10, 15:18
    nambah pengetahuan sejarah gan, haturnuwun

Leave a Reply