Siti Nurbaya Roman Melegenda (2)

Siti Nurbaya Roman Melegenda (2)

Siti Nurbaya yang mendengar kekasihnya diusir, hendak menyusulnya ke Batavia, tetapi niatnya itu keburu diketahui kaki tangan Datuk Maringgih.

Tak lama kemudian, Siti Nurbaya meninggal dunia karena memakan lemang beracun yang sengaja diberikan kaki tangan Datuk Maringgih. Mendengar kematian Siti Nurbaya, membuat Samsul Bahri putus asa dan mencoba melakukan bunuh diri. Akan tetapi mujurlah karena ia tak meninggal. Sejak saat itu Samsul Bahri tidak meneruskan sekolahnya dan memasuki dinas militer.

Sepuluh tahun kemudian, dikisahkan di kota Padang sering terjadi huru-hara dan tindak kejahatan akibat ulah Datuk Maringgih dan orang-orangnya. Samsul Bahri yang telah berpangkat Letnan dikirim untuk melakukan pengamanan. Samsul Bahri yang mengubah namanya menjadi Letnan Mas segera menyerbu kota Padang. Ketika bertemu dengan Datuk Maringgih dalam suatu keributan tanpa berpikir panjang lagi Samsul Bahri menembaknya. Datuk Maringgih jatuh tersungkur, namun sebelum tewas ia sempat membacok kepala Samsul Bahri dengan parangnya.

Samsul Bahri alias Letnan Mas segera dilarikan ke rumah sakit. Pada saat-saat terakhir menjelang ajalnya, ia meminta dipertemukan dengan ayahandanya. Tetapi ajal lebih dulu merenggut sebelum Samsul Bahri sempat bertemu dengan orangtuanya.

Itulah sekelumit sinopsis roman yang menjadi puncak dari roman dalam kesusastraan Indonesia Modern. Melalui roman ini, Marah Rusli hendak melakukan protes sosial terhadap kondisi sosial di tengah masyarakat. Khususnya terhadap praktek perjodohan atau pemaksaan yang tengah berlangsung di masyarakat Minangkabau dan mungkin juga di daerah-daerah lainnya.

Meski ceritanya fiksi, dengan roman ini Marah Rusli hendak menggambarkan kepada para pembacanya bahwa praktek perjodohan telah banyak memakan korban. Dan korban yang sering jatuh adalah kaum Hawa. Banyak gadis serupa Siti Nurbaya yang harus dipaksa menikah dengan lelaki yang bukan pilihannya.

Comments

About author

You might also like

Teknologi

Fotografi Levitasi : Bagai Mengambang di Udara

Salah satu impian manusia adalah terbang. Mampukah kita terbang ? Tanpa bantuan apapun, tanpa sayap atau bahkan pesawat.

Kesehatan

Rahasia Biji Semangka.

Buah-buahan adalah sebuah pemberian dari alam. Dengan banyaknya kandungan nutrisi didalam buah-buahan, ilmu kesehatan menganjurkan kita untuk mengkonsumsi segala jenis buah-buahan. Para ilmuwan dan ahli nutrisi meneliti kandungan buah semangka. Salah satu fokus penelitiannya ada pada biji

Kisah Inspiratif Dibalik “Grand Theft Auto 5” (GTA-5).

Grand Theft Auto atau lebih dikenal GTA, sebuah game fenomenal bagi para gamers dunia, termasuk di Indonesia. Berawal dari kesuksesan GTA San Andreas, beberapa waktu lalu Grand Theft Auto 5 telah resmi

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply