Situ Cileunca – Eksotisme Wisata Danau Kota Bandung

Situ Cileunca – Eksotisme Wisata Danau Kota Bandung

Bandung, sebuah wilayah yang tak pernah kehabisan objek wisata. Bandung memang lebih dikenal sebagai pusat wisata perbelanjaan yang unik, Bandung juga dikenal sebagai pusat fashion, Bandung dikenal juga sebagai surganya wisata kuliner. Nah! Kali ini kita akan membahas salah satu objek wisata yang terdapat di Kota Bandung, tepatnya di wilayah Bandung selatan, Pangalengan yaitu Situ Cileunca.

Situ Cileunca ini bukan objek wisata yang bertema kuliner, fashion, atau pusat perbelanjaan unik dan murah meriah, melainkan sebuah objek wisata bagi orang – orang yang mencari pemandangan atau aroma kesejukan dan ketenangan. Bahkan bagi para photographer , Situ Cileunca – Bandung ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan hunting photo mereka.

“Situ Cileunca berlokasi di Warnasari, Pangalengan, Bandung Jawa Barat. Situ Cileunca adalah sebuah danau buatan yang luasnya mencapai kurang lebih 1.400 hektar dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan yang indah. Selain sebagai objek wisata, Situ Cileunca juga berfungsi sebagai sarana pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Air yang berasal dari danau Situ Cileunca ini dialirkan melalui Sungai Palayangan. Sungai ini pula yang sering dijadikan sebagai arena wisata rafting (arung-jeram).”

PLTA Situ Cileunca

PLTA Situ Cileunca

Kedalaman Situ Cileunca mencapai 17 meter, dan waktu sebelum tahun 1918 wilayah Situ Cileunca ini merupakan wilayah hutan belantara yang kemudian dibuat menjadi sebuah danau, yang berfungsi untuk melayani kebutuhan air masyarakat oleh seorang Meneer pada zaman penjajahan dulu. referensi

Situ Cileunca

Untuk bisa sampai ke Situ Cileunca ini terbilang sangat mudah, karena jarak waktu yang dibutuhkan dari Bandung kurang lebih selama 2 jam. Kalau kamu pakai kendaraan pribadi mungkin bisa lebih cepat, tapi disarankan jangan waktu lagi weekend, kalian tau sendiri resiko jalan – jalan weekend di Kota Bandung.

Kalau kamu sudah puas lihat-lihat keindahan pemandangan di danau buatan ini, ada baiknya kita mencoba mengamati pemandangan Situ Cileunca dari bukit yang ada di sekitarnya. Orang sekitar menyebutnya “Gunung Nini”. Dari Gunung Nini ini kita bisa melihat luasnya Situ Cileunca dari ketinggian.

View Situ CIleunca dari “Gunung Nini”

Jangan heran ketika kamu sudah sampai di lokasi yang namanya Gunung Nini ini karena lokasi yang dinamakan Gunung Nini ini hanya sebuah penamaan yang terkenal oleh masyarakat Pangalengan. Bahkan arti dari “Gunung” bukan sebuah gunung yang ada dalam pemikiran arti “Gunung” Sebenarnya. Melainkan sebuah Saung yang dibangun oleh Belanda, dan terjadi tragedi penembakan terhadap seorang Nenek. Karena cerita itu lah saung ini disebut “Gunung Nini”.

Saung “Gunung Nini” – Pangalengan_Bandung

Nah! Untuk mencapai lokasi ini, dari Situ Cileunca dibutuhkan waktu normal selama 30 menit. Lokasi ini sulit dijangkau oleh kendaraan biasa, karena jalan yang dikelilingi oleh perkebunan teh, artinya bukan akses yang bisa dilewati oleh kendaraan “On Road”. Tapi bukan berarti tidak bisa memakai kendaraan biasa, tetap bisa namun resiko membutuhkan tenaga lebih banyak.

Hal unik lainnya ketika akan berangkat ke lokasi ini, kami menanyakan kepada orang di jalan “Bagaimana untuk mencapai Gunung Nini?”, kami diberi tau kita harus melewati “Pintu”. Jangan terkecoh dengan benda yang bernama Pintu. Karena “Pintu” yang mereka maksud adalah nama jalan. Disana kita akan melewat Jl. Raya Pintu. Unik ya…!

Nah itu lah sebuah objek wisata yang mungkin belum banyak terjamah oleh banyak orang. Artinya bagi para peng-hobi photograph kalian wajib untuk mengunjungi lokasi spot foto di Kota Bandung ini. Semoga bermanfaat

Comments

About author

You might also like

Budaya

Resort Kampung Sumber Alam, Resort Berbasis Green Tourism

Membincangkan Garut seakan tak pernah habis. Garut memang sudah menjadi tujuan pelancong sejak zaman “baheula.”

Jalan-Jalan

Candi Cangkuang, Candi Hindu Di Tatar Sunda

Peninggalan candi di tatar Sunda tidaklah banyak. Namun, salah satunya yang terkenal adalah Candi Cangkuang di Garut.

Napak Tilas

Kartini Terkenal Di Belanda: Banyak Jalan menggunakan Nama R.A. Kartini (R.A. Kartinistraat)

Siapa sangka nama Kartini diabadikan menjadi beberapa nama jalan di negeri Tulip, Belanda.