Soekarno dan Tokoh-Tokoh Dunia

Soekarno dan Tokoh-Tokoh Dunia

Meski Indonesia baru saja merdeka, Soekarno sangat aktif mempromosikan Indonesia ke kancah dunia, bertemu dengan tokoh-tokoh dunia.

Aktivitas Soekarno selain berkutat pada masalah dalam negeri juga aktif dalam kancah internasional mempromosikan Indonesia. Soekarno tidak merasa rendah diri harus berhadap-hadapan dan berinteraksi dengan tokoh-tokoh yang kalibernya internasional.

Sebagai generasi penerus, kita masih bisa  membaca cerita serta melihat foto-foto Soekarno dengan para tokoh dunia.  Beberapa tokoh dunia bahkan sangat akrab dengan sang proklamator. Mereka adalah sahabat karib Soekarno yang sama-sama berjuang demi menegakkan harga diri bangsanya. Berikut beberapa tokoh dunia yang berinteraksi dengan Soekarno :

 

Soekarno dan Eisenhower

1. Soekarno dan Dwight D. Eisenhower.

Pertemuan ini terjadi sekitar tahun 1956. Presiden Soekarno nampak percaya diri berhadapan dengan Presiden Amerika sekaligus Jenderal pemenang Perang Dunia II, Dwight D. Eisenhower.

 

JFK-Sukarno

2. Soekarno dengan JFK.

Soekarno bertemu dengan Presiden Kennedy sekitar tahun 1961. Soekarno merasa nyaman dan cocok dengan JFK, bahkan Soekarno bermaksud mengundang JFK ke Indonesia. Namun sayang, JFK keburu tewas ditembak.

Soekarno, Nasser dan Nehru

3. Soekarno dengan Nasser dan Nehru.

Nah, ini merupakan sobat dekat Soekarno. Mereka senantiasa hadir baik di KTT Asia Afrika 1955 di Bandung dan dalam berbagai kesempatan di Gerakan Non Blok.

Ho-Chi-Minh-BK

4. Soekarno dengan Ho Chi Minh

Soekarno juga bersahabat dengan Paman Ho. Soekarno mendukung perjuangan negara Vietnam Utara yang terjajah Perancis dan kemudian diinvasi Amerika Serikat.

Soekarno dan Mao Ze Dong

5. Soekarno dengan Mao Ze Dong

Soekarno lumayan dekat dengan pemimpin Tiongkok terkemuka ini.

bersama-fidel-castro

6. Soekarno dengan Fidel Castro

Ketika Rezim Batista di Kuba digulingkan Fidel Castro dan kawan-kawannya, Soekarno dan Indonesia serta merta mengakui kedaulatan Kuba mesti Kuba kemudian dimusuhi Amerika.

 

7. Soekarno dengan Che Guevara

Nah, ini sobat dekat dan kawan seperjuangan Fidel Castro. Soekarno juga pernah menemuinya.Soekarno-che-guevara

8. Soekarno dengan Kim Il Sung.

Pemimpin Korea Utara ini juga dekat dengan Soekarno, bisa dilihat dalam gambar ini.

 

soekarno dan kim il sung

9. Soekarno dengan Joseph Broz Tito

PULA, YUGOSLAVIA:  Indonesian President Achmed Sukarno (1902-70) is welcomed by Marshal Tito, originally Josip Broz, Yugoslav President, at the Pula airfield 08 April 1960 where he arrived for an official visit.  Sukarno was Indonesia's first president (1945-66) when Indonesia was granted independence in 1945. (Photo credit should read AFP/Getty Images)

PULA, YUGOSLAVIA: Indonesian President Achmed Sukarno (1902-70) is welcomed by Marshal Tito, originally Josip Broz, Yugoslav President.

Nah, ini adalah kawan dekat Soekarno. Seperti juga Nehru dan Nasser, Tito adalah kawan dekat yang selalu hadir bersama-sama dalam setiap kesempatan.

10. Soekarno dan Nikita Kurschev

Pemimpin Uni Sovyet ini juga akrab dengan Soekarno. Bisa dilihat dari foto di bawah ini

Sekilas-memori-Bung-Karno

Disarikan dari beragam sumber

Comments

About author

You might also like

Foto

17 Fakta Unik Tentang Benua Antartika

Fakta unik Antartika – Benua paling terpencil, paling tinggi, paling kering, paling berangin, paling kosong, dan tempat paling dingin di muka bumi.

Artikel 0 Comments

Benarkah Tim Arkeolog Menemukan “Kujang” Di Gunung Padang ?

Penelusuran di Gunung Padang semakin hari semakin memunculkan banyak temuan yang masih menjadi misteri. Setelah penemuan makam-makam tua di sekitaran Gunung Padang (lihat artikel : Ada Makam Kabayan di Situs

Artikel

Coretan di Bak Truk : Antara Rindu, Unik dan Lucu

Bagaimana perasaan Anda, jika di perjalanan kendaraan Anda berada di belakang Truk ? Saya yakin, jawabannya pasti beragam. Terkadang kita jengkel, jika posisi kendaraan kita di belakang truk. Apalagi di