Suku Dayak Losarang di Indramayu.

Suku Dayak Losarang di Indramayu.

Suku Dayak.

 

Suku Dayak adalah salah satu suku yang berada di Indonesia, Istilah Dayak paling umum digunakan untuk menyebut orang-orang asli non muslim, non melayu yang tinggal di pulau Kalimantan ini juga berlaku di Malaysia. Karena di Indonesia ada suku-suku Dayak yang Muslim namun tetap termasuk bagian dari Dayak walaupun beberapa di antaranya di sebut dengan suku Banjar dan suku Kutai.

Arti Kata Dayak itu sendiri masih di Perdebatkan. Commans (1987), menulis bahwa menurut sebagian pengarang, Dayak berarti manusia, sementara pengarang lain mengatakan bahwa kata itu berarti pengalaman, Commans mengatakan bahwa arti yang paling tapat adalah orang yang tinggal di Hulu Sungai.

Dengan nama yang sama Lahajir et.al melaporkan bahwa orang-orang Iban menggunakan istilah Dayak dengan arti Manusia, sementara orang Tunjung dan Benuaq mengartikannya sebagai Hulu Sungai.

Mereka juga mengatakan bahwa sebagian orang mengklaim bahwa istilah Dayak menggambarkan karakteristik personal tentunya yang diakui oleh orang-orang kalimantan yaitu Kuat, Gagah, Berani dan Ulet.

suku-dayak-di-indramayu

Apa Hubungannya dengan Suku Dayak Losarang?

Indonesia adalah negeri seribu pulau tempat dimana lahirnya budaya dari sekian banyak budaya yang ada di Indramayu terselip salah satu “komunitas Suku Dayak Hindu Budha Bumi Segandhu”. Kebayakan orang menyangka Suku Dayak Losarang di Indramayu meruapak salah satu Bagian dari sekian banyak suku Dayak Kalimantan. tetapi yang sebenarnya bukanlah bagian Suku Dayak yang ada di Indonesia, melainkan sebuah komunitas yang memiliki kepercayaan, adat istiadat, dan gaya hidup yang unik.

Tapa-pepe-siang-hari-dayak-lorosarang

Kegiatannya Komunitas Dayak losarang di Indramayu di antaranya

1. Bertapa atau ritual Tapa Pepe

2. Rutinitas membuat manik-manik seperti kalung, gelang, dan gelang kaki.

3. Salah satu Tempat Ritualnya adalah Semar Mantep.

 

Comments

About author

You might also like

Komunitas 0 Comments

Motor Antik: Legenda, Jati Diri dan Investasi (1)

  Motor antik atau motor klasik merupakan sebutan bagi motor-motor yang sudah berumur ujur. Walaupun sebenarnya tidak ada batasan apa yang disebut antik atau klasik tersebut hanya diukur dari tahun

Artikel 0 Comments

Sejarah Asal Muasal Kampung Naga di Garut-Tasikmalaya.

Mungkin ada yang berpikir akan menemukan seekor naga ketika berwisata ke Kampung Naga. Penasaran dengan peradaban Kampung Naga?

Gaya Hidup

Cari Teman Traveling? Gabung Couchsurfing!

Menjelajahi tempat-tempat baru, merasakan kehidupan sosial budaya di tempat lain mampu membuka pola pikir kita.

1 Comment

  1. atmaja
    July 07, 17:00
    Hayu siapa yang mau ketemu bisa kami bantu Kita sudah melakukan pengobatan gratis homeopathy di tempat Dayak losarang

Leave a Reply