Surga Itu Bernama Ciletuh Geopark (2-tamat)

Surga Itu Bernama Ciletuh Geopark (2-tamat)

Indonesia sangat kaya alamnya, dan yang menakjubkan kita memiliki Geopark. Lokasinya tidak terlalu jauh, masih di Jawa Barat juga.

Salah satu lokasi yang patut menjadi pertimbangan bila ingin berwisata alam adalah geopark atau taman alam batuan tua di Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat.

Geopark tersebut bak surga dunia yang menawarkan pemandangan hamparan batu karang laut serta 10 air terjun pegunungan. Dari pemandangan yang ditawarkan, sudah pasti lokasi wisata tersebut berlatar belakang pegunungan dan laut.

Kawasan Ciletuh, Tamanjaya-Ciemas, Kabupaten Sukabumi dikenal sebagai salah satu dari tiga tempat di Pulau Jawa yang menyingkapkan kelompok batuan berumur paling tua di Pulau Jawa sehingga menjadikan daerah ini sangat unik dan langka secara geologi.

Batuan yang tersingkap dipermukaan memperlihatkan pemandangan yang sangat eksotis, baik dari segi komposisi batuannya maupun dari segiĀ  alamnya, sehingga menjadikan kawasan Ciletuh sangat unik dan tidak ditemukan di tempat lain.

Panenjoan sendiri adalah titik tertinggi sekaligus menjadi gerbang masuk menuju objek wisata Ciletuh. Dari Panenjoan, gunung-gunung yang mengelilingi geopark terlihat indah berjajar di sisi kiri dan kanan. Samudra Hindia yang biru juga terlihat berbatas cakrawala.

Namun, keindahan Ciletuh tak hanya ada dan terlihat dari Panenjoan. Di kawasan ini juga terdapat sembilan curug atau air terjun, yaitu Curug Awang, Curug Tengah, Curug Puncak Manik, Curug Cikanteh, Curug Ngelai, Curug Sodong, Curug Dogdog, Curug Nyelempet, dan Curug Cimarinjung.

Dari seberang Panenjoan, Curug Cimarinjung dan Curug Cikenteh bisa terlihat. Airnya mengalir merayapi tebing. Sungguh memanjakan mata.

Meski belum begitu populer, namun dari penelusuran penulis mulai banyak pihak yang menawarkan paket wisata ke tempat yang bak surga ini. Harga yang mereka tawarkan juga sepadan dengan keindahan alam dan kepuasan jiwa yang akan kita dapatkan.

disarikan dari beragam sumber.

Comments

About author

You might also like

Artikel

Nama Soekarno Di Abadikan di Negara-Negara Ini (1)

Gaung Soekarno ternyata tidak saja menggema di tanah air. Imbasnya terasa di mancanegara dan jejaknya ada hingga kini.

Budaya

Masjid dengan Arsitektur Paling Unik dari Berbagai Negara (3-tamat)

Masjid menjadi titik sentral aktivitas kaum muslimin. Namun, arsitektur Masjid di berbagai pelosok dunia berbeda dan unik.

Artikel

Sebelum Mudik, Silakan Baca Tips-Tips-nya dulu

Lebaran tinggal menghitung hari. Salah satu keunikan lebaran di Nusantara adalah budaya mudik ke kampung halaman.