Taklukan Dunia Dengan Kuliner Indonesia

Taklukan Dunia Dengan Kuliner Indonesia

Sebagian masyarakat kita merasa bangga jika sudah mencicipi kuliner Barat atau kuliner dari negara lain. Seakan presitese melekat dengan sendirinya pada kuliner tersebut. Namun, benarkah kuliner kita kalah saing dengan kuliner impor ?

Jawabannya tidak juga. Kita ingat Survei yang dilakukan CNN Go Travel pada September 2011 lalu. Dalam survey tersebut, makanan pedas gurih Indonesia, yaitu rendang Khas Padang dinobatkan sebagai produk kuliner terenak di dunia. Tidak hanya Rendang, di posisi kedua ada nasi goreng dan sate pada peringkat 14. Jadi kata siapa produk kuliner kita kalah, misal menghadapi steak dari Barat atau sushi dari Jepang ?

Dari mulai Presiden Amerika, Barack Obama yang tidak bisa melupakan kuliner Indonesia, hingga band Arkarna yang membandingkan mie goreng Indonesia yang kaya rasa dibandingkan mie di negaranya yang rasanya hambar adalah sedikit bukti bahwa kuliner kita sudah dikenal di mancanegara.

Pada 2012 lalu, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memperkenalkan 30 ikon kuliner tradisional Indonesia. Beberapa jenis kuliner tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita di antaranya, Gado-Gado Jakarta, Serabi Bandung, Lunpia Semarang, Sate Ayam Madura dan Nasi Tumpeng. Dari 30 kuliner tradisional tersebut, yang dipilih sebagai ikon andalah adalah Nasi Tumpeng. Nasi Tumpeng dipilih karena merepresentasikan filosofi masyarakat Indonesia (sumber budpar.go.id).

Seperti kata Jokowi, Presiden kita, mari taklukan dunia dengan kuliner Indonesia. Lebih lanjut Jokowi menegaskan bahwa Indonesia memiliki potensi kuliner hebat. Namun hal itu belum dibarengi dengan “branding” di pasaran internasional (Tempo.co, 30 Nov 2014).

Comments

About author

You might also like

Hits

Dubsmash; Aplikasi yang Sedang Nge-Hits di Tanah Air

Selfie sudah terdengar membosankan hari ini. Semua orang melakukannya dan akhirnya mencapai titik jenuh. Kalau begitu cobalah dubsmash.

Gaya Hidup 0 Comments

Suatu Sore Bersama Gandhi, MLK dan Mandela (2)

Mandela menimpali : “Perjuangan Anda Tuan Gandhi, melintasi ruang dan waktu. Kami di Afrika Selatan juga tidak bisa dipisahkan dari pengaruh Tuan. Ini saya tegaskan dalam artikel saya “The Sacred

Hits

Victoria Beckham Ikut-Ikutan Demam Batu Akik

Ternyata demam batu akik sudah mewabah ke mana-mana. Bukan masyarakat Indonesia saja yang dibius batu akik akhir-akhir ini. Selebritis dunia, semacam Victoria Beckham ikut-ikutan.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply