Tato Dayak, Bukan Sekadar Gaya-Gayaan

Tato Dayak, Bukan Sekadar Gaya-Gayaan

Anda bertato ? Itu sepenuhnya hak Anda, namun bagi sebagian kebudayaan tato bukan gaya-gayaan, tetapi memiliki makna yang dalam.

Jangan terkejut jika masuk ke perkampungan masyarakat Dayak dan berjumpa dengan orang-orang tua yang dihiasi berbagai macam tato indah di beberapa bagian tubuhnya. Tato bagi masyarakat Dayak bukan sekadar hiasan, tetapi memiliki makna yang sangat mendalam.

Suku Dayak hidup di pedalaman Kalimantan. Mereka adalah masyarakat asli yang memiliki segudang tradisi unik, satu diantaranya tato Dayak.

Seperti tadi penegasan di awal, memang, tato bukan sekadar gaya-gayaan bagi masyarakat Dayak. Melainkan memiliki makna. Setiap orang Dayak memiliki motif tato berbeda-beda.

Sebab tato bagi masyarakat Dayak tidak boleh dibuat sesuka hati sebab ia adalah sebagian dari tradisi, status sosial seseorang dalam masyarakat, serta sebagai bentuk penghargaan suku terhadap kemampuan seseorang.

Oleh karena itu, ada peraturan tertentu dalam pembuatan tato baik pilihan gambarnya, struktur sosial seseorang yang memakai tato maupun penempatan tatonya.

Tato di sekitar jari tangan menunjukkan dia ahli mengobati penyakit. Tubuh yang dipenuhi tato berarti kuat menggembara.

Suku dayak pun memiliki tradisi traveling, setiap kampung memiliki motif tato yang berbeda, oleh sebab itu banyaknya tato ditubuh seseorang menunjukan banyaknya kampung dayak yang telah dikunjungi – jarak antar kampung bisa ratusan kilometer, biasanya disusuri melalui sungai menggunakan perahu selama berbulan-bulan.

Itulah sekelumit keunikan tato yang dimiliki orang Dayak, dan kita harus menghargainya !

disarikan dari beragam sumber.

About author

You might also like

Artikel

Wow ! Muda Usia dan Kaya Raya

Memang terdengar di dunia fantasi. Muda, kaya raya…dan mungkin mati masuk surga. Tapi tidak dengan cerita Evan. Usianya masih di bawah 10 tahun, malah tepatnya 9 tahun. Tapi coba tebak

Napak Tilas 0 Comments

Benarkah Tim Arkeolog Menemukan “Kujang” Di Gunung Padang ?

Penelusuran di Gunung Padang semakin hari semakin memunculkan banyak temuan yang masih menjadi misteri. Setelah penemuan makam-makam tua di sekitaran Gunung Padang (lihat artikel : Ada Makam Kabayan di Situs

Budaya

1 Mei Bukan Hanya Hari Buruh, Tapi Juga Hari Cinta

Sebagian orang membayangkan tanggal 1 Mei sebagai hari yang macet oleh demo buruh, tapi tidak di negara ini.