Timothy Doner, Pemuda Amerika Serikat yang Menguasai 20 Bahasa

Timothy Doner, Pemuda Amerika Serikat yang Menguasai 20 Bahasa

Timothy Doner adalah seorang pemuda berusia 19 tahun asal New York yang sempat menggemparkan jagat linguistik karena mampu menguasai 20 bahasa.

Pemuda ini memiliki hobi yang unik, yaitu ia menyukai berkomunikasi dengan banyak orang dari berbagai macam bangsa. Dari hobi ini, Timothy mewajibkan dirinya untuk mampu belajar berbagai macam bahasa dengan cepat.

Timothy memulai pelajaran bahasa di sekolah pada saat ia berusia 13 tahun. Pada saat itu ia belajar bahasa Timur Tengah dan ia tertarik mempelajari bahasa Ibrani. Saat Timothy Doner mulai tertarik dengan bahasa Ibrani, ia pun mulai tertarik dengan salah satu grup musik funk asal Israel bernama Hadag Nachash. Lalu, ia mendengarkan lagu-lagu dari grup musik tersebut hingga ia mampu menghafal 20 lirik lagu di satu album dalam waktu sebulan.

Setelah Timothy hafal lirik-lirik lagu grup musik Hadag Nachash, ia mencari terjemahan dari kata dan kalimat lirik lagu-lagu itu dalam bahasa Inggris, lalu ia menghapal kosakatanya. Selang beberapa lama ia mempelajari sendiri bahasa Ibrani, Timothy mengunjungi sebuah café Israel di pinggiran Kota New York. Ia mencoba berkomunikasi dengan salah seorang pengunjung di café dengan menyusun dikepalanya beberapa kata dan kalimat dari lirik lagu yang sudah ia hapalkan. Dan secara mencengangkan Timothy mampu berkomunikasi dengan seseorang dengan bahasa Ibrani.

Setelah Timothy menguasai bahasa Ibrani, ia melanjutkan pembelajarannya dengan mempelajari bahasa Arab, Farsi, Rusia, Mandarin, dan sekitar 15 bahasa lain termasuk bahasa Indonesia dengan metode yang mirip ketika ia mempelajari bahasa Ibrani. Saat ini, Timothy Doner dikenal sebagai seorang Hyperpolyglot atau seseorang yang menguasai lebih dari 6 bahasa di dunia.

Pada bulan Maret 2012, kisah Timothy Doner diberitakan oleh BBC dan The New York Times dengan tajuk “The Teen Who Speaks 20 Languages!” (—Remaja yang Berbicara dalam 20 Bahasa!)

20 bahasa yang dikuasai Timothy Doner hingga saat ini adalah bahasa Inggris, Perancis, Hausa, Wolof, Rusia, Jerman, Yiddish, Ibrani, Arab, Pashto, Farsi, Mandarin, Italia, Turki, Ojibwe, Belanda, Xhosa, Swahili, Hindi dan Bahasa Indonesia.*

http://mtvvoices.com/en/wp-content/uploads/2014/02/txt_spk-timdoner.jpg

Timothy Doner. Sumber foto: mtvvoices.com

 

Comments

About author

You might also like

Nasional

Permainan Tradisional Ini Sudah Hampir Punah (1)

Beruntunglah mereka yang mengalami masa kecil di era 80 hingga 90-an. Dikarenakan mereka masih sempat menikmati permainan tradisional.

Pemuda Koesno di Bandung (2)

Kota Bandung bagi Pemuda Kusno mengguratkan cerita indah sekaligus cerita sedih yang selalu membekas dalam hidupnya. Di kota inilah, Ia dapat menuntut ilmu di sekolah tinggi, suatu hal yang masih

Artikel

Sekelumit Cerita Dwitunggal Yang Terlupakan Sejarah

Dalam sejarah RI yang kini sudah berusia 70 tahun kita pernah memiliki Dwitunggal. Yang dimaksud adalah Bung Karno dan Bung Hatta.